PEMANFAATAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY (VR) DI PERPUSTAKAAN

Muhammad Jamil

Abstract

Makalah ini menjelaskan potensi penggunaan teknologi virtual reality (VR) di perpustakaan. Virtual reality (VR) yang merupakan teknologi komputer untuk menciptakan simulasi imersif yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi sekaligus merasa berada di dalam
lingkungan yang ada dalam dunia maya. Penggunaan teknologi VR yang paling umum sejauh ini telah berada di sektor konsumen yaitu berupa aplikasi dan player yang mudah digunakan. Perpustakaan memanfaatkan VR dalam berbagai bentuk seperti menggunakan peralatan virtual reality untuk kegiatan tur perpustakaan, inovasi bentuk layanan perpustakaan terutama layanan referensi dengan menghadirkan model directional reference, pengkayaan materi-materi literasi informasi dalam format yang dapat diakses peralatan VR dan visualisasi 3D katalog online.

Keywords

tren teknologi, virtual reality, perpustakaan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 101 times
PDF - 678 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.