Main Article Content

Abstract

Pengembangan pendidikan salah satu fungsi dari perpustakaan. Perpustakaan sebagai tempat sumber informasi dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk  belajar, penelitian dan pengembangan sumber daya manusia. Magang perpustakaan merupakan media pembelajaran bagi mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi dalam mengelola perpustakaan. Dengan mengikuti kegiatan magang perpustakaan akan menambah ilmu pengetahuan dan meningkatkan soft skills lulusan perguruan tinggi dalam memasuki dunia kerja. Peserta magang perpustakaan di perpustakaan perguruan tinggi akan memperoleh pembelajaran secara tidak langsung antara lain : 1). keteladanan dalam bekerja, 2). motivasi dalam bekerja, 3). belajar bertanggung jawab, 4). kedewasaan kehidupan sosial , 5). belajar disiplin, 6). membangun jaringan kerja, 7). pengetahuan tentang pengelolaan perpustakaan,  dan  8). melatih bekerja dalam tim.

Keywords

Magang Perpustakaan Soft Skills Perpustakaan Media Pembelajaran dan Perpustakaan Perguruan Tinggi

Article Details

Author Biography

Bambang Hermanto, Universitas Negeri Surakarta

Perpustakaan
How to Cite
Hermanto, B. (2020). KONTRIBUSI PERPUSTAKAAN DALAM MEMPERKUAT SOFT SKILLS MAHASISWA MELALUI MAGANG PERPUSTAKAAN. Buletin Perpustakaan, 2(2), 23–36. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/15182

References

  1. Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Kemenristek. 2018. Lulusan Perguruan Tinggi Harus
  2. Unggul Dalam Persaingan Global. https://ristekdikti.go.id/kabar/lulusan-perguruan-tinggi-
  3. harus-unggul-dalam-persaingan-global/ diakses tanggal 3 Januari 2019 Jam. 14.05 WIB.
  4. Darmono. 2001. Manajemen dan Tata Perpustakaan Sekolah. Jakarta : Gramedia
  5. Martoatmojo, Karmidi. 2008. Pelayanan Bahan Pustaka. Jakarta : Universitas Terbuka
  6. Perpustakaan UNS. 2018. Modul Magang Akademik, Magang Profesi dan Magang Bisnis.
  7. Surakarta : UPT Perpustakaan UNS
  8. Rohmadi, Muhammad. 2018. Tujuh Kunci Sukses menjadi Pustakawan Kreatif di Era Industri
  9. 0. Surakarta : Yuma Pustaka
  10. Suharyanti, Chandra. dkk. [s.a]. Pengaruh Proses Pembelajaran Kerja Praktek Terhadap
  11. Pengembangan Soft Skills Mahasiswa. https://media.neliti.com/media/publications/118291
  12. -EN-pengaruh- proses-pembelajaran-dan-program.pdf. Diakses pada tanggal 2 Januari 2019
  13. Jam.10.46 WIB.
  14. Sutrisno, Edy. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana
  15. Yusup, Pawit M. 2012. Perspektif Manajemen Pengetahuan, informasi, Komunikasi, Pendidikan
  16. dan Perpustakaan. Jakarta : Rajawali Pers
  17. Zuhairini. 1995. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara
  18. Effendi, Rahman. 2013. Motivasi Kerja Pustakawan di Badan Perpustakaan Provinsi
  19. Kalimantan Timur. Jurnal Ilmu Perpustakaan Volume 2 Nomor 2 Tahun 2013 Halaman
  20. -13. Online dari http: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jip Diakses tanggal 11 Januari 2019 Jam 9.20 WIB.