Main Article Content

Abstract

Lingkungan perpustakaan bersifat dinamis dan tidak ada yang stagnan. Berbagai elemen yang menjadi unsur pembentuk organisasi perpustakaan masing-masing dapat menjadi agen perubahan baik secara bersama-sama atau sendiri-sendiri. Teknologi komunikasi dan informasi serta sumber daya manusia saat ini menjadi elemen dominan yang membangun organisasi perpustakaan. Sifat dinamis lingkungan yang melingkupi perpustakaan harus dapat direspon secara tepat dan cepat supaya eksistensinya terpelihara. Ketepatan dan kecepatan respon membutuhkan sistem dan sub-sistem yang fleksibel tetapi mempunyai pola pengendalian yang handal. Responsifitas dapat terealisasi melalui struktur organisasi dan peran sumber daya manusia pada semua tingkatan manajemen, terutama sekali manajemen puncak.

Keywords

wilayah perpustakaan teknologi informasi dan komunikasi organisasi perpustakaan manajemen perubahan.

Article Details

Author Biography

Suwardi Ardi Suwardi, Universitas Islam Indonesia

Perpustakaan Fakultas Bisnis dan Ekonomika

How to Cite
Suwardi, S. A. (2021). MANAJEMEN PERUBAHAN: Perpustakaan Sebagai Sistem Terbuka. Buletin Perpustakaan, 4(1), 45–64. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/19127

References

  1. Bryson, Jo (1990). Effective Library and Information Centre Management. Hants: Gower.
  2. Dastgir, Mohsen, Ahmad S. Mortezaie (2012). “Factors Affecting the End-User Computing Satisfaction.” Business Intelligence Journal - July, Vol.5 No. 2 p. 292 – 298.
  3. Hartanto, Frans Mardi (2009). Paradigma Baru Manajemen Indonesia: Menciptakan Nilai dengan Bertumpu pada Kebajikan dan Potensi Insani. Bandung: Mizan.
  4. Hesselbein, Frances dan Rob Johnston (Editor) (2005). On Leading Change: Strategi Menembus Tantangan Perubahan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
  5. Kahar, Irawaty A. (2008). Konsep Kepemimpinan dalam Perubahan Organisasi (Organizational Change) pada Perpustakaan Perguruan Tinggi. Pustaha: Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Vol.4, No.1, Juni, hal. 21 – 27.
  6. Kasali, Renald (2006). Change!: Tak Peduli Berapa Jauh Jalan Salah yang Anda Jalani, Putar Arah Sekarang Juga (Manajemen Perubahan dan Manajemen Harapan), cet. ke 6. Jakarta: Gramedia.
  7. Pangestu, Danu Wira (2007). Teori Dasar Sistem Informasi Manajemen (SIM), dalam http://stie-sak.ac.id/panel/download/37698SistemInfoMnj.pdf, akses 15 Desember 2014.
  8. Stewart, Jim (1997). Mengelola Perubahan Melalui Pelatihan dan Pengembangan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  9. Sulaksana, Uyung (2004). Manajemen Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  10. Wahid, Fathul (2004). ”Peluang Dan Tantangan Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi”. Media Informatika, Vol. 2, No. 1, Juni, 11-22.
  11. Wibowo (2006). Manajemen Perubahan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.