Main Article Content

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan kegiatan dan proses layanan bebas plagiasi yang dilakukan oleh pustakawan di Universitas Islam Indonesia. Tujuan lain ialah sebagai sarang sharing atau berbagi informasi terkait pengalaman dalam menjalankan layanan bebas plagiasi. Layanan bebas plagiasi ini menggunakan software Turnitin feedback studio sebagai sarana untuk mengecek kemiripan karya tulis dari mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini ialah metode deskriptif. Penulis mendeskripsikan pengalaman serta keadaan yang sebenarnya saat meberikan layanan bebas plagiasi menggunakan Turnitin feedback studio.

Keywords

Plagiarisme Bebas Plagiasi Turnitin

Article Details

How to Cite
Hadi, A. S. (2023). Bukan Hakim tapi Dokter: Implementasi Turnitin dalam Layanan Bebas Plagiasi di Perpustakaan Universitas Islam Indonesia. Buletin Perpustakaan, 6(2), 139–152. https://doi.org/10.20885/bpuii.30579

References

  1. Fitriyah, I. A., & Amin, A. (2023). Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Tingkat Plagiarisme Mahasiswa Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan. Afeksi: Jurnal Psikologi, 2(2).
  2. Haris, I., Kusumarini, E., Zagoto, S. F. L., Kusumawati, I., & Arifudin, O. (2023). Pengenalan Teknis Penggunaaan Software Turnitin Dan Mendeley Dekstop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Baru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2). http://jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/187
  3. Manunggal, Y. C., & Christiani, L. (2018). Pemanfaatan Sistem Deteksi Plagiarisme Menggunakan Turnitin® Pada Jurnal Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(2).
  4. Sahib, R., Pratiwi, I. E., Fiqri Affandy, F., & Amirullah, A. (2022). Perception of College Students in Papua Province on Plagiarism. Journal AL-MUDARRIS, 5(2), 173. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v5i2.763
  5. Turnitin. (n.d.). Turnitin feedback studio. Retrieved September 11, 2023, from https://www.turnitin.com/id/products/feedback-studio