Main Article Content

Abstract

Penulisan karya tulis ilmiah yang baik dan sesuai kaidah akademik menuntut pengelolaan referensi yang tepat serta etis, namun di lingkungan mahasiswa STPMD “APMD” masih banyak ditemukan kendala dalam proses pengutipan dan penyusunan daftar pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya penggunaan Mendeley dalam penulisan karya tulis ilmiah; Faktor penghambat dan pendukung penggunaan Mendeley dalam penulisan karya tulis ilmiah di Perpustakaan Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD”. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi lapangan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mahasiswa memperoleh buku panduan dan mengikuti seminar penggunaan Mendeley yang diselenggarakan oleh perpustakaan STPMD “APMD”, terjadi peningkatan signifikan dalam kemampuan mahasiswa mengelola referensi secara sistematis dan sesuai standar sitasi ilmiah. Mahasiswa juga menunjukkan peningkatan pemahaman terhadap etika akademik, khususnya dalam menghindari plagiarisme. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi pelatihan Mendeley dalam kegiatan akademik sangat penting untuk mendukung kualitas karya ilmiah dan membentuk budaya penulisan yang etis dan profesional di perguruan tinggi.

Keywords

penggunaan mendeley karya tulis ilmiah perpustakaan perguruan tinggi

Article Details

Author Biography

Mika Julia Conzizca, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Pascasarjana

How to Cite
Conzizca, M. J. . (2025). Urgensi Penggunaan Mendeley Dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah Di Perpustakaan Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD” Yogyakarta. Buletin Perpustakaan, 8(1), 23–51. https://doi.org/10.20885/bpuii.v8i1.36908

References

  1. Adviser. (1994). Perpustakaan Perguruan Tinggi. 49.
  2. Afandi, S. A., Aswad, H., Afandi, M., Erdayani, R., & Sukri, S. Al. (2022). Penggunaan Mendeley Sebagai Manajemen Referensi Karya Tulis. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(1), 186–191.
  3. Aprianto, D., Gunalan, S., Pamungkas, B. A., & Haryono. (2023). Pelatihan Pembuatan Sitasi dan Daftar Pustaka Via Aplikasi Mendeley. Communnity Development Journal, 2(1), 09–22. https://journal.mudaberkarya.id/index.php/JMH/article/view/33/20
  4. Asy’ari, M., Hunaepi, H., Dharmawibawa, I. D., Samsuri, T., Muhali, M., & Prayogi, S. (2021). Aplikasi Mendelay Sebagai Management Reference Tools Dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 91–99. https://doi.org/10.36312/linov.v6i2.547
  5. Cahnia, Z. A., Darubekti, N., & Samosir, F. T. (2021). Pemanfaatan Mendeley Sebagai Manajemen Referensi pada Penulisan Skripsi Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Bengkulu. Palimpsest: Journal of Information and Library Science, 12(1), 48–54. https://doi.org/10.20473/pjil.v12i1.26471
  6. dkampus. (2017). Perpustakaan Perguruan Tinggi Menurut Para Ahli. Dkampus.
  7. Faturrahman, M. A., Titin, Nusantoro, B. P., Putri, R. R., Novahisa, P., Ayu, N. A. K., & Sandra, K. M. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Mendeley sebagai Sistem Manajemen Referensi untuk Mengoptimalisasi Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 60–68. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v3i2.2411
  8. Hanafiah, Sauri, Mulyadi, & arifudin. (2021). Penerapan Karya Tulis Ilmiah sebagai Wujud Implementasi Budaya Literasi Mahasiswa di Era Globalisasi. Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 123–135.
  9. Harared, & Iriyansah. (2021). Strategi Menulis Karya Ilmiah Berbentuk Artikel Jurnal Ilmiah. Pendidikan Teknik Informatika, 9(1), 45–48.
  10. Lexi, Moleong, j. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
  11. Listyotami, M. K., & Reznani, N. S. (2022). Meningkatkan Produktivitas Menulis Karya Tuliah Ilmiah bagi Mahasiswa di Era Digital. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 253–260.
  12. Magister Psikologi. (2021). Karya Tulis Ilmiah Mendeley. Mpsi.Untag-Sby.
  13. Mahelingga, D. E. I. R. (2020). Pengenalan Manajemen Referensi Mendeley. OSF Preprints, 1.
  14. Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
  15. Mubarak, F. K. (2018). Manajemen Referensi Berbasis Aplikasi Mendeley Untuk Jurnal Ilmiah (pp. 1–2). UIN Walisongo.
  16. Nashihuddin, W. (2017). Pustakawan, Penangkal Informasi Hoax di Masyarakat. Perpustakaan Dan Informasi, 2016, 10. https://www.researchgate.net/publication/313859853_PUSTAKAWAN_PENANGKAL_INFORMASI_HOAX_DI_MASYARAKAT
  17. Nurhayati, Yopy Ratna Dewanti, Herry Syafrial, & Setiawan. (2023). SITASI DALAM PENULISAN ARTIKEL ILMIAH DENGAN APLIKASI MENDELEY (Pada Mahasiswa Politeknik LP3I Jakarta - Kampus Pondok Cabe). SEPAKAT Sesi Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.56371/sepakat.v3i1.137
  18. Qalyubi, S., Purwono, Septiyantono, T., Sidik, U., Tafrikhuddin, Arianto, M. S., Masruri, A., Zulaikha, S. R., Lasa, H., Rohmadi, D., & Laugu, N. (2007). Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fak. Adab UIN Sunan Kalijaga.
  19. Ramadhan, M. A. (2015). Mengelola Referensi Karya Ilmiah Dengan Mendeley. Elex Media Komputindo.
  20. Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah Ilmu Dakwah, 17 No. 33(33), 81–95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.
  21. Rusi, I., Sari, R. P., Arman, Y., Suhery, C., Noviani, E., & Rusmiyanto, E. (2023). Pemanfaatan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Karya Tulis Ilmiah Guru. PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 06(04), 434–443.
  22. Sevinam, A. (2019). Pengertian Karya Ilmiah Menurut Para Ahli dan Jenis- jenis Karya Ilmiah. Sentra Vidya Utama. https://sevina.com/pengertian-karya-ilmiah-menurut-para-ahli-danjenis-jenis- karya-ilmiah
  23. Simarmata, J. E., Mone, F., Kehi, Y. J., & Naimnule, M. (2022). Introducing and Training of the Mendeley Application as a Reference Tool in Student Scientific Articles. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 790–796. https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v7i2.8823
  24. Simon, S., Lantang, T., Yulianto, A. T., & Saputro, A. K. (2022). Pelatihan Penggunaan Mendeley Desktop dalam Penulisan Karya Ilmiah bagi Mahasiswa Pascasarjana Sekolah Tinggi Teologi Anugrah Indonesia. Real Coster : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.53547/rcj.v5i1.157
  25. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta.
  26. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
  27. Supriyanto, H. (2021). Pengantar dan Intalasi Mdendeley. Perpustakaan Universitas Gajah Mada. http://lib.ugm.ac.id/ind/?page_id=336
  28. Widodo, A. P. A. (2018). Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Nizamia Learning Center.
  29. Zaifaturridha, Wiguna, S., & Nurmisdaramyani. (2022). Implementasi Penggunaan Aplikasi Mendeley dalam Membangun Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah pada Mahasiswa STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 274–281. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i3.965