Main Article Content
Abstract
Perpustakaan dengan kualitas sebagus apapun tidak akan dikunjungi secara maksimal oleh pemustaka ketika tidak ada upaya promosi kepada masyarakat. Apapun yang memenuhi perpustakaan hanyalah simpanan semata. Maka, di sinilah pentingnya perpustakaan dalam melakukan promosi adalah untuk mengenalkan perpustakaan itu sendiri kepada masyarakat. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan teknik analisis data dari teori Miles & Huberman yakni dengan tiga tahapan, data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Perpustakaan Museum Benteng Vredeburg mengimplementasikan tiga dari delapan kegiatan promosi yang dijabarkan dalam teori promotion mix oleh Kotler, yang selanjutnya diperkaya oleh Sujatna. Perpustakaan Museum Benteng Vredeburg mengimplementasikan tiga dari delapan kegiatan promosi yang dijabarkan dalam teori promotion mix oleh Kotler, yang selanjutnya diperkaya oleh Sujatna. Jenis kegiatan promosi yang diterapkan mencakup publisitas, personal selling, dan interactive marketing. Dalam aspek publisitas, Perpustakaan Museum Benteng Vredeburg menjalankan strategi promosi melalui situs web Museum Benteng Vredeburg, menyelenggarakan program resensi buku “Si Kumis,” memanfaatkan saluran publisitas YouTube, dan menggelar webinar bedah buku. Sementara itu, kegiatan personal selling mencakup pemanduan oleh edukator dan pelayanan pemustaka yang dilakukan oleh pustakawan. Pada sisi interactive marketing, perpustakaan juga aktif mengadakan kegiatan kuis di platform Instagram. Dari tiga strategi promosi di Perpustakaan Benteng Vredeburg, dapat dinyatakan bahwa strategi interactive marketing dengan melibatkan kuis di platform Instagram dinilai lebih baik. Sebaliknya, strategi promosi yang menunjukkan dampak kurang signifikan adalah publisitas melalui situs web.
Keywords
Article Details
References
- Ambarwati, D., & Handayani, N. S. (2022). Strategi Promosi dalam Meningkatkan Layanan di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar pada Masa Pandemi. Daluang: Journal of Library and Information Science, 2(2), 59–60. https://doi.org/10.21580/daluang.v2i2.2022.12195
- Basuki, S. (2019). Pengantar Ilmu Perpustakaan: Vol. Cetakan 1. Angkasa.
- Dharmmesta, B. S., & Irawan, A. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
- Fatimah, F. N. D. (2016). Teknik Analisis SWOT: Pedoman Menyusun Strategi yang Efektif & Efisien serta Cara Mengelola Kekuatan & Ancaman. Quadrant.
- Indonesia. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Dalam Indonesia. Indonesia.
- Kurnia, A. (2020). Strategi Promosi Perpustakaan dalam Meningkatkan Jumlah Pemustaka (Studi Kasus: Perpustakaan Pusat Studi Wanita (PSW) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) [Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38772/
- Lubis, L., Ardyawin, I., & Furbani, W. (2020). Strategi Promosi Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Provinsi Nusa Tengara Barat 2020. JURNAL ILMU PERPUSTAKAAN (JIPER), 2(1). https://doi.org/10.31764/jiper.v2i1.2220
- Mustofa. (2018). Promosi Perpustakaan Melalui Instagram. Dalam PROSIDING Disruptive Technology: Opportunities and Challenges for Libraries and Librarians. repository.isi-ska.ac.id. http://repository.isi-ska.ac.id/3015
- Prihartanta, W. (2015). Tujuan Promosi Perpustakaan. Jurnal Adabiya, 3(83), 1–9. https://www.academia.edu/19792333/Tujuan_Promosi_Perpustakaan
- Rangkuti, A. N. (2019, Februari 12). Menentukan Jumlah Sampel dalam Penelitian. UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. https://www.uinsyahada.ac.id/bagaimana-menentukan-jumlah-sampel-dalam-penelitian/3/
- Riski, M. A. (2021). Strategi Promosi Perpustakaan Khusus: Studi pada Perpustakaan Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Al-Kuttab : Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 3(2), 23–31. https://doi.org/10.24952/ktb.v3i2.4149
- Sudarsana, U. (2014). Pembinaan Minat Baca. Dalam Pembinaan Minat Baca (hlm. 1–49). Universitas Terbuka. https://repository.ut.ac.id/4222/
- Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, CV.
- Sujatna. (2016). Promosi Perpustakaan . Mahara Publishing.
- Sulaiman, M. (2021). Transformasi Perpustakaan Khusus Menjadi Data Labs dalam Mendukung Open Data dan Open Government di Indonesia. Media Pustakawan, 28(1), 1–14. https://doi.org/10.37014/medpus.v28i1.1165
References
Ambarwati, D., & Handayani, N. S. (2022). Strategi Promosi dalam Meningkatkan Layanan di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar pada Masa Pandemi. Daluang: Journal of Library and Information Science, 2(2), 59–60. https://doi.org/10.21580/daluang.v2i2.2022.12195
Basuki, S. (2019). Pengantar Ilmu Perpustakaan: Vol. Cetakan 1. Angkasa.
Dharmmesta, B. S., & Irawan, A. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Fatimah, F. N. D. (2016). Teknik Analisis SWOT: Pedoman Menyusun Strategi yang Efektif & Efisien serta Cara Mengelola Kekuatan & Ancaman. Quadrant.
Indonesia. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Dalam Indonesia. Indonesia.
Kurnia, A. (2020). Strategi Promosi Perpustakaan dalam Meningkatkan Jumlah Pemustaka (Studi Kasus: Perpustakaan Pusat Studi Wanita (PSW) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) [Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38772/
Lubis, L., Ardyawin, I., & Furbani, W. (2020). Strategi Promosi Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Provinsi Nusa Tengara Barat 2020. JURNAL ILMU PERPUSTAKAAN (JIPER), 2(1). https://doi.org/10.31764/jiper.v2i1.2220
Mustofa. (2018). Promosi Perpustakaan Melalui Instagram. Dalam PROSIDING Disruptive Technology: Opportunities and Challenges for Libraries and Librarians. repository.isi-ska.ac.id. http://repository.isi-ska.ac.id/3015
Prihartanta, W. (2015). Tujuan Promosi Perpustakaan. Jurnal Adabiya, 3(83), 1–9. https://www.academia.edu/19792333/Tujuan_Promosi_Perpustakaan
Rangkuti, A. N. (2019, Februari 12). Menentukan Jumlah Sampel dalam Penelitian. UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. https://www.uinsyahada.ac.id/bagaimana-menentukan-jumlah-sampel-dalam-penelitian/3/
Riski, M. A. (2021). Strategi Promosi Perpustakaan Khusus: Studi pada Perpustakaan Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Al-Kuttab : Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 3(2), 23–31. https://doi.org/10.24952/ktb.v3i2.4149
Sudarsana, U. (2014). Pembinaan Minat Baca. Dalam Pembinaan Minat Baca (hlm. 1–49). Universitas Terbuka. https://repository.ut.ac.id/4222/
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, CV.
Sujatna. (2016). Promosi Perpustakaan . Mahara Publishing.
Sulaiman, M. (2021). Transformasi Perpustakaan Khusus Menjadi Data Labs dalam Mendukung Open Data dan Open Government di Indonesia. Media Pustakawan, 28(1), 1–14. https://doi.org/10.37014/medpus.v28i1.1165