Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi pemasaran digital melalui Instagram dalam meningkatkan engagement dan kunjungan fisik di Perpustakaan Geologi Bandung. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi Instagram marketing digunakan serta sejauh mana efektivitasnya dalam menjangkau dan melibatkan pengguna. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik observasi dan wawancara terhadap pustakawan serta analisis interaksi pengguna di akun @geology.library. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan konten visual seperti reels dan stories mampu meningkatkan like, komentar, dan pesan langsung dari pengguna. Strategi ini juga berkontribusi pada peningkatan jumlah kunjungan fisik ke perpustakaan. Kesimpulannya, Instagram merupakan alat yang efektif dalam strategi pemasaran digital perpustakaan, namun perlu dioptimalkan melalui konsistensi konten, respons terhadap feedback, dan pemanfaatan data analitik Instagram.
Keywords
Article Details
References
- Alam, D. W. Y., Pandian, A. P., Cindy, M. R., Billa, E. J. S., Firmansyah, M. R., Anggraini, & S, D. (2023). Sosial Media dan Strategi Pemasaran (1st ed.). Mega Press Nusantara.
- Anggraeni, G. S. P. N. (2021). Promosi Perpustakaan Menggunakan Media Sosial Instagram Oleh Perpustakaan Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 10(2), 25–36. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/38027
- Creswell, J. w, & Creswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications Asia-Pacific .
- Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Fifth Edition) (Fifth Edition). SAGE Publications, Inc. https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/510378/mod_resource/content/1/creswell.pdf
- Junaedi, R., & Mazidah, Z. R. (2023). Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial Instagram di UPT Pusat Perpustakaan UIN Raden Mas Said Surakarta. Information Science and Library, 4(2), 74–79. https://doi.org/10.26623/jisl
- Khotimah, N. W. K., & Tanti, D. S. (2023). Tantangan Pengelolaan Media Sosial Instagram untuk Menjaga Engagement dan Loyalitas Pelanggan pada Masa Pandemi (Studi pada Everskin Klinik Senopati). Jurnal Visi Komunikasi, 22(01), 28. https://doi.org/10.22441/visikom.v22i01.19142
- Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Leong, S. M., & Tan, C. T. (2012). Marketing Management: An Asian Perspective. Prentice Hall. https://eprints.upjb.ac.id/id/eprint/196/1/Marketing%20Management,%2014th%20Edition%20by%20Philip%20Kotler,%20Kevin%20Lane%20Keller%20(z-lib.org).pdf
- Kotler, Philip., Keller, K. Lane., Tan, C. Tiong., Ang, S. Hoon., & Leong, S. Meng. (2018). Marketing management : an Asian perspective. Pearson Education Limited.
- Latif, A. A. (2022). Rancangan penerapan strategi promosi melalui instagram di perpustakaan (Action Research Tentang Strategi Promosi Perpustakaan melalui Instagram di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasikmalaya). Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 9(1). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3867231
- Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2023). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting : Jurnal Imliah Ilmu Manajeme, 5(1), 1–3. https://e-journal.unimaju.ac.id/index.php/FJIIM/article/view/102
- Sari, R. P., Narendra, A. P., & Hermawan, A. (2023). Strategi Promosi melalui Instagram di Perpustakaan SMA Negeri 1 Salatiga. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.32670/ht.v3i1.3868
- Putri, A. D. S., Winoto, Y., & Saepudin, E. (2019). Kegiatan Promosi Perpustakaan Melalui Instagram Kaitannya Dengan Perubahan Sikap Followers. Jurnal Pustaka Budaya, 6(2), 12–21. https://doi.org/10.31849/pb.v6i2.3183
- Junaedi, R., & Mazidah, Z. R. (2024). Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial Instagram di UPT Pusat Perpustakaan UIN Raden Mas Said Surakarta. Information Science and Library, 4(2), 74. https://doi.org/10.26623/jisl.v4i2.9070
- Situmorang, W., & Hayati, R. (2023). Media Sosial Instagram sebagai Bentuk Validasi dan Representasi Diri. Jurnal Sosiologi Nusantara, 9(1), 111–118. https://doi.org/10.33369/jsn.9.1.111-118
References
Alam, D. W. Y., Pandian, A. P., Cindy, M. R., Billa, E. J. S., Firmansyah, M. R., Anggraini, & S, D. (2023). Sosial Media dan Strategi Pemasaran (1st ed.). Mega Press Nusantara.
Anggraeni, G. S. P. N. (2021). Promosi Perpustakaan Menggunakan Media Sosial Instagram Oleh Perpustakaan Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 10(2), 25–36. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/38027
Creswell, J. w, & Creswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications Asia-Pacific .
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Fifth Edition) (Fifth Edition). SAGE Publications, Inc. https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/510378/mod_resource/content/1/creswell.pdf
Junaedi, R., & Mazidah, Z. R. (2023). Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial Instagram di UPT Pusat Perpustakaan UIN Raden Mas Said Surakarta. Information Science and Library, 4(2), 74–79. https://doi.org/10.26623/jisl
Khotimah, N. W. K., & Tanti, D. S. (2023). Tantangan Pengelolaan Media Sosial Instagram untuk Menjaga Engagement dan Loyalitas Pelanggan pada Masa Pandemi (Studi pada Everskin Klinik Senopati). Jurnal Visi Komunikasi, 22(01), 28. https://doi.org/10.22441/visikom.v22i01.19142
Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Leong, S. M., & Tan, C. T. (2012). Marketing Management: An Asian Perspective. Prentice Hall. https://eprints.upjb.ac.id/id/eprint/196/1/Marketing%20Management,%2014th%20Edition%20by%20Philip%20Kotler,%20Kevin%20Lane%20Keller%20(z-lib.org).pdf
Kotler, Philip., Keller, K. Lane., Tan, C. Tiong., Ang, S. Hoon., & Leong, S. Meng. (2018). Marketing management : an Asian perspective. Pearson Education Limited.
Latif, A. A. (2022). Rancangan penerapan strategi promosi melalui instagram di perpustakaan (Action Research Tentang Strategi Promosi Perpustakaan melalui Instagram di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasikmalaya). Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 9(1). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3867231
Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2023). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting : Jurnal Imliah Ilmu Manajeme, 5(1), 1–3. https://e-journal.unimaju.ac.id/index.php/FJIIM/article/view/102
Sari, R. P., Narendra, A. P., & Hermawan, A. (2023). Strategi Promosi melalui Instagram di Perpustakaan SMA Negeri 1 Salatiga. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.32670/ht.v3i1.3868
Putri, A. D. S., Winoto, Y., & Saepudin, E. (2019). Kegiatan Promosi Perpustakaan Melalui Instagram Kaitannya Dengan Perubahan Sikap Followers. Jurnal Pustaka Budaya, 6(2), 12–21. https://doi.org/10.31849/pb.v6i2.3183
Junaedi, R., & Mazidah, Z. R. (2024). Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial Instagram di UPT Pusat Perpustakaan UIN Raden Mas Said Surakarta. Information Science and Library, 4(2), 74. https://doi.org/10.26623/jisl.v4i2.9070
Situmorang, W., & Hayati, R. (2023). Media Sosial Instagram sebagai Bentuk Validasi dan Representasi Diri. Jurnal Sosiologi Nusantara, 9(1), 111–118. https://doi.org/10.33369/jsn.9.1.111-118