Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi pemasaran digital melalui Instagram dalam meningkatkan engagement dan kunjungan fisik di Perpustakaan Geologi Bandung. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi Instagram marketing digunakan serta sejauh mana efektivitasnya dalam menjangkau dan melibatkan pengguna. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik observasi dan wawancara terhadap pustakawan serta analisis interaksi pengguna di akun @geology.library. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan konten visual seperti reels dan stories mampu meningkatkan like, komentar, dan pesan langsung dari pengguna. Strategi ini juga berkontribusi pada peningkatan jumlah kunjungan fisik ke perpustakaan. Kesimpulannya, Instagram merupakan alat yang efektif dalam strategi pemasaran digital perpustakaan, namun perlu dioptimalkan melalui konsistensi konten, respons terhadap feedback, dan pemanfaatan data analitik Instagram.

Keywords

strategi pemasaran digital Instagram engagement kunjungan perpustakaan

Article Details

Author Biographies

Sinta Ary Jatmiko, Universitas Padjadjaran

Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Indonesia

Encang Saepudin, Universitas Padjadjaran

Dosen Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Indonesia

How to Cite
Jatmiko, S. A., & Saepudin, E. (2025). Efektivitas Strategi Pemasaran Digital melalui Instagram dalam Meningkatkan Engagement dan Kunjungan Perpustakaan Geologi Bandung. Buletin Perpustakaan, 8(1), 121–149. https://doi.org/10.20885/bpuii.v8i1.39094

References

  1. Alam, D. W. Y., Pandian, A. P., Cindy, M. R., Billa, E. J. S., Firmansyah, M. R., Anggraini, & S, D. (2023). Sosial Media dan Strategi Pemasaran (1st ed.). Mega Press Nusantara.
  2. Anggraeni, G. S. P. N. (2021). Promosi Perpustakaan Menggunakan Media Sosial Instagram Oleh Perpustakaan Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 10(2), 25–36. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/38027
  3. Creswell, J. w, & Creswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications Asia-Pacific .
  4. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Fifth Edition) (Fifth Edition). SAGE Publications, Inc. https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/510378/mod_resource/content/1/creswell.pdf
  5. Junaedi, R., & Mazidah, Z. R. (2023). Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial Instagram di UPT Pusat Perpustakaan UIN Raden Mas Said Surakarta. Information Science and Library, 4(2), 74–79. https://doi.org/10.26623/jisl
  6. Khotimah, N. W. K., & Tanti, D. S. (2023). Tantangan Pengelolaan Media Sosial Instagram untuk Menjaga Engagement dan Loyalitas Pelanggan pada Masa Pandemi (Studi pada Everskin Klinik Senopati). Jurnal Visi Komunikasi, 22(01), 28. https://doi.org/10.22441/visikom.v22i01.19142
  7. Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Leong, S. M., & Tan, C. T. (2012). Marketing Management: An Asian Perspective. Prentice Hall. https://eprints.upjb.ac.id/id/eprint/196/1/Marketing%20Management,%2014th%20Edition%20by%20Philip%20Kotler,%20Kevin%20Lane%20Keller%20(z-lib.org).pdf
  8. Kotler, Philip., Keller, K. Lane., Tan, C. Tiong., Ang, S. Hoon., & Leong, S. Meng. (2018). Marketing management : an Asian perspective. Pearson Education Limited.
  9. Latif, A. A. (2022). Rancangan penerapan strategi promosi melalui instagram di perpustakaan (Action Research Tentang Strategi Promosi Perpustakaan melalui Instagram di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasikmalaya). Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 9(1). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3867231
  10. Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2023). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting : Jurnal Imliah Ilmu Manajeme, 5(1), 1–3. https://e-journal.unimaju.ac.id/index.php/FJIIM/article/view/102
  11. Sari, R. P., Narendra, A. P., & Hermawan, A. (2023). Strategi Promosi melalui Instagram di Perpustakaan SMA Negeri 1 Salatiga. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.32670/ht.v3i1.3868
  12. Putri, A. D. S., Winoto, Y., & Saepudin, E. (2019). Kegiatan Promosi Perpustakaan Melalui Instagram Kaitannya Dengan Perubahan Sikap Followers. Jurnal Pustaka Budaya, 6(2), 12–21. https://doi.org/10.31849/pb.v6i2.3183
  13. Junaedi, R., & Mazidah, Z. R. (2024). Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial Instagram di UPT Pusat Perpustakaan UIN Raden Mas Said Surakarta. Information Science and Library, 4(2), 74. https://doi.org/10.26623/jisl.v4i2.9070
  14. Situmorang, W., & Hayati, R. (2023). Media Sosial Instagram sebagai Bentuk Validasi dan Representasi Diri. Jurnal Sosiologi Nusantara, 9(1), 111–118. https://doi.org/10.33369/jsn.9.1.111-118