Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menelaah kesenjangan antara kebijakan formal yang mengatur pustakawan sekolah di Indonesia, meliputi UU No. 43/2007, Permendiknas No. 25/2008, Pedoman IFLA/UNESCO, dan Panduan Kerja Kemendikbud 2017, dengan realitas di lapangan. Melalui pendekatan narrative literature review dan content analysis terhadap data Dapodik per 18 Juni 2023 serta studi-studi terdahulu, penelitian mengungkap bahwa hanya 199.000 dari 443.000 sekolah yang memiliki perpustakaan dengan 54.000 pustakawan profesional, di mana hanya 21 % mengikuti sertifikasi dan 81 % di antaranya kompeten. Selain itu, jumlah program studi Ilmu Perpustakaan (13 prodi D3 dan 33 prodi S1) tidak mencukupi kebutuhan tenaga pustakawan di seluruh jenjang sekolah. Temuan ini menunjukkan adanya kesenjangan signifikan dalam aspek ketersediaan, kompetensi, dan kontinuitas pasokan SDM pustakawan sekolah. Untuk menutup gap tersebut, diperlukan sinergi kebijakan pusat dan daerah, peningkatan kapasitas pendidikan tinggi, serta percepatan rekrutmen dan sertifikasi pustakawan. Rekomendasi ini diharapkan dapat memperkuat peran perpustakaan sekolah sebagai pusat literasi dan mendukung peningkatan kualitas pendidikan nasional.
Keywords
Article Details
References
- Abdullahi, M., & Othman, N. (2021). Bridging the Gap between Policy Intent and Implementation. JoSTIP, 6(1). https://doi.org/10.11113/jostip.v6n1.49
- Andi, W., Putra, P., Purnamayanti, A., & Maryani, E. (2023). Revitalisasi Kecakapan Literasi Informasi Pustakawan Sekolah Melalui Pelatihan Operator GScholar Advanced Search. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 55–62. https://doi.org/10.35912/yumary.v4i1.2400
- Andina, S., & Zulaikha, S. R. (2024). Personal Branding Pustakawan Sekolah Melalui Ajang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi. Librarium: Library and Information Science Journal, 2(2), 46–63. https://doi.org/10.53088/librarium.v2i2.1623
- Ginanjar, R. P. A. (2024, December 19). Apa itu Regulasi? Ini Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Jenisnya. Tempo. https://www.tempo.co/ekonomi/apa-itu-regulasi-ini-pengertian-fungsi-tujuan-dan-jenisnya-1183402
- Hazin, M., & Rahmawati, N. W. D. (2021). Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam (Studi Histori dan Regulasi di Indonesia). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 293–310. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i2.745
- Hoirunnisa. (2023, July 20). Jumlah Perpustakaan Sekolah di Indonesia Kurang. KBR. https://kbr.id/berita/nasional/jumlah-perpustakaan-sekolah-di-indonesia-kurang
- IFLA, & Perpustakaan Nasional RI. (2006). Pedoman Perpustakaan Sekolah IFLA/UNESCO. IFLA. https://www.ifla.org/wp-content/uploads/2019/05/assets/school-libraries-resource-centers/publications/school-library-guidelines/school-library-guidelines-id.pdf
- Indonesia. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. In Indonesia. Indonesia.
- Indrasari, Y., & Handayani, R. R. L. (2024, April 23). UNESCO Sebut Minat Baca Orang Indonesia Masih Rendah. RRI. https://www.rri.co.id/daerah/649261/unesco-sebut-minat-baca-orang-indonesia-masih-rendah
- Kemdikbud. (2016). Panduan Kerja Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah. Direktur Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah. https://repositori.kemendikdasmen.go.id/17170/1/BUKU%20KERJA%20PERPUSTAKAAN%20final.pdf
- Komdigi. (2020, August 26). TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. Komdigi. https://www.komdigi.go.id/berita/sorotan-media/detail/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos
- Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 3(1), 61–76. https://doi.org/10.22146/jpkm.25370
- Lusianai, W. O., Muliati, M., Astin, A., & Jabar, A. S. (2022). Model Pengembangan Perpustakaan Sekolah Berbasis Guru Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 8(2), 85–94. https://doi.org/10.14710/lenpust.v8i2.36532
- M, Y. (2017). Kebijakan Pemerintah Kota Pontianak dalam Memberikan Hak untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Karier Pustakawan pada Lembaga Pendidikan Menengah. Jurnal PSMH UNTAN, 13(1), 1–22. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/nestor/article/view/22629
- Menteri Pendidikan Nasional. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah. https://library.uns.ac.id/wp-content/uploads/2016/02/permendiknas-no-25-tahun-2008-tentang-standar-tenaga-perpustakaan-sekolah-madrasah.pdf
- Nuristia, M., & Laksmi, L. (2023). Modal Intelektual Pustakawan dalam Penyebaran Informasi di Perpustakaan Sekolah Dasar. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 7(2), 258. https://doi.org/10.29240/tik.v7i2.7469
- Purniawati, E., & Lily, A. (2024, May 15). Perpusnas Dorong Peningkatan Jumlah Perpustakaan Sesuai Standar. Perpusnas. https://www.perpusnas.go.id/berita/perpusnas-dorong-peningkatan-jumlah-perpustakaan-sesuai-standar
- Puspita, M. D. (2024, April 18). 5 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan, Ada Arsiparis hingga Spesialis Kontrol Data. Tempo. https://www.tempo.co/ekonomi/5-prospek-kerja-jurusan-ilmu-perpustakaan-ada-arsiparis-hingga-spesialis-kontrol-data-67139
- Satria, R., Fauzan, F., & Muhammad, A. F. (2025). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Stres Kerja Terhadap Kinerja Guru: Studi Literatur Komprehensif. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 5(1), 249–263. https://doi.org/10.51574/jrip.v5i1.2889
- Sodiq, M. J. (2024, December 3). Pakar UNESA Beri Analisis dan Rekomendasi Peningkatan IPM Indonesia yang Masih Kategori Sedang. Unesa. https://www.unesa.ac.id/pakar-unesa-beri-analisis-dan-rekomendasi-peningkatan-ipm-indonesia-yang-masih-kategori-sedang
- Tasya, R. W., & Sayekti, R. (2024). Strategi Guru Pustakawan sebagai Pengelola Perpustakaan dalam Meningkatkan Kualitas Pengembangan Perpustakaan SMAN 5 Bagan Sinembah. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(02), 305–319. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i02.4445
- Utomo, T. P. (2020). Membangun Profesionalisme Sebagai Strategi Pustakawan Menghadapi Era Society 5.0. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 2(2), 1–12. https://doi.org/10.20885/bpuii.v2i2.15179
References
Abdullahi, M., & Othman, N. (2021). Bridging the Gap between Policy Intent and Implementation. JoSTIP, 6(1). https://doi.org/10.11113/jostip.v6n1.49
Andi, W., Putra, P., Purnamayanti, A., & Maryani, E. (2023). Revitalisasi Kecakapan Literasi Informasi Pustakawan Sekolah Melalui Pelatihan Operator GScholar Advanced Search. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 55–62. https://doi.org/10.35912/yumary.v4i1.2400
Andina, S., & Zulaikha, S. R. (2024). Personal Branding Pustakawan Sekolah Melalui Ajang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi. Librarium: Library and Information Science Journal, 2(2), 46–63. https://doi.org/10.53088/librarium.v2i2.1623
Ginanjar, R. P. A. (2024, December 19). Apa itu Regulasi? Ini Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Jenisnya. Tempo. https://www.tempo.co/ekonomi/apa-itu-regulasi-ini-pengertian-fungsi-tujuan-dan-jenisnya-1183402
Hazin, M., & Rahmawati, N. W. D. (2021). Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam (Studi Histori dan Regulasi di Indonesia). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 293–310. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i2.745
Hoirunnisa. (2023, July 20). Jumlah Perpustakaan Sekolah di Indonesia Kurang. KBR. https://kbr.id/berita/nasional/jumlah-perpustakaan-sekolah-di-indonesia-kurang
IFLA, & Perpustakaan Nasional RI. (2006). Pedoman Perpustakaan Sekolah IFLA/UNESCO. IFLA. https://www.ifla.org/wp-content/uploads/2019/05/assets/school-libraries-resource-centers/publications/school-library-guidelines/school-library-guidelines-id.pdf
Indonesia. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. In Indonesia. Indonesia.
Indrasari, Y., & Handayani, R. R. L. (2024, April 23). UNESCO Sebut Minat Baca Orang Indonesia Masih Rendah. RRI. https://www.rri.co.id/daerah/649261/unesco-sebut-minat-baca-orang-indonesia-masih-rendah
Kemdikbud. (2016). Panduan Kerja Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah. Direktur Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah. https://repositori.kemendikdasmen.go.id/17170/1/BUKU%20KERJA%20PERPUSTAKAAN%20final.pdf
Komdigi. (2020, August 26). TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. Komdigi. https://www.komdigi.go.id/berita/sorotan-media/detail/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos
Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 3(1), 61–76. https://doi.org/10.22146/jpkm.25370
Lusianai, W. O., Muliati, M., Astin, A., & Jabar, A. S. (2022). Model Pengembangan Perpustakaan Sekolah Berbasis Guru Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 8(2), 85–94. https://doi.org/10.14710/lenpust.v8i2.36532
M, Y. (2017). Kebijakan Pemerintah Kota Pontianak dalam Memberikan Hak untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Karier Pustakawan pada Lembaga Pendidikan Menengah. Jurnal PSMH UNTAN, 13(1), 1–22. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/nestor/article/view/22629
Menteri Pendidikan Nasional. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah. https://library.uns.ac.id/wp-content/uploads/2016/02/permendiknas-no-25-tahun-2008-tentang-standar-tenaga-perpustakaan-sekolah-madrasah.pdf
Nuristia, M., & Laksmi, L. (2023). Modal Intelektual Pustakawan dalam Penyebaran Informasi di Perpustakaan Sekolah Dasar. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 7(2), 258. https://doi.org/10.29240/tik.v7i2.7469
Purniawati, E., & Lily, A. (2024, May 15). Perpusnas Dorong Peningkatan Jumlah Perpustakaan Sesuai Standar. Perpusnas. https://www.perpusnas.go.id/berita/perpusnas-dorong-peningkatan-jumlah-perpustakaan-sesuai-standar
Puspita, M. D. (2024, April 18). 5 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan, Ada Arsiparis hingga Spesialis Kontrol Data. Tempo. https://www.tempo.co/ekonomi/5-prospek-kerja-jurusan-ilmu-perpustakaan-ada-arsiparis-hingga-spesialis-kontrol-data-67139
Satria, R., Fauzan, F., & Muhammad, A. F. (2025). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Stres Kerja Terhadap Kinerja Guru: Studi Literatur Komprehensif. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 5(1), 249–263. https://doi.org/10.51574/jrip.v5i1.2889
Sodiq, M. J. (2024, December 3). Pakar UNESA Beri Analisis dan Rekomendasi Peningkatan IPM Indonesia yang Masih Kategori Sedang. Unesa. https://www.unesa.ac.id/pakar-unesa-beri-analisis-dan-rekomendasi-peningkatan-ipm-indonesia-yang-masih-kategori-sedang
Tasya, R. W., & Sayekti, R. (2024). Strategi Guru Pustakawan sebagai Pengelola Perpustakaan dalam Meningkatkan Kualitas Pengembangan Perpustakaan SMAN 5 Bagan Sinembah. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(02), 305–319. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i02.4445
Utomo, T. P. (2020). Membangun Profesionalisme Sebagai Strategi Pustakawan Menghadapi Era Society 5.0. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 2(2), 1–12. https://doi.org/10.20885/bpuii.v2i2.15179