Main Article Content
Abstract
Laporan ini membahas tentang bisnis Pramuka Modern, sebuah usaha reseller yang menjual perlengkapan atribut seragam sekolah dan ekstrakurikuler melalui platform Shopee. Usaha ini menargetkan konsumen dari berbagai kalangan, termasuk pelajar, guru, pegawai negeri sipil (PNS), dan kelompok Masyarakat. Pramuka Modern menawarkan berbagai produk, termasuk paket bundling yang mempermudah konsumen dalam membeli perlengkapan seragam. 1 Bisnis ini menghadapi persaingan yang ketat di pasar online dan offline, sehingga menerapkan strategi red ocean untuk mempertahankan posisinya. Laporan ini juga menganalisis aspek internal dan eksternal bisnis, termasuk kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (SWOT). Analisis SWOT mengidentifikasi keunggulan Pramuka Modern dalam hal kelengkapan produk, kualitas, dan pelayanan, serta kelemahan dalam hal inovasi produk dan kemitraan dengan pihak ekspedisi. Selain itu, laporan ini juga membahas strategi pemasaran, operasional, sumber daya manusia, keuangan, dan teknologi digital yang diterapkan oleh Pramuka Modern