Cover Image

ANALISIS PENGARUH KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER DAN NON CELEBRITY ENDORSER PADA PRODUK FRESTEA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN

Budi Astuti, Geraldine Titarina

Abstract

Salah satu langkah yang bisa ditemptih oleh perusahaan dalam mengkomunikasikan perbedaan produknya dalam rangka membentuk posisi dalam benak konsumen adalah dengan cara pengiklanan. Pengiklanan merupakan bentuk promosiyang bertujuan dan mempunyai pengaruh terhadap konsumen secara global.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui perbedaan kredibilitas antara celebrity endorser dan non celebrity endorser, mengetahui pengaruh variabel kredibilitas celebrity endorser dan non celebrity endorser (keahlian, kepercayaan, dan daya tarik), serta mengetahui variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap minat beli produk Frestea oleh konsumen.
Dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan memakai teknik con-venience sampling dan responden sebanyak 96 orang, yang pernah melihat iklan
Frestea di televisi. Alat analisis yang dipakai menggunakan uji peringkat bertanda wilcoxon, regresi linier berganda, determinasi berganda, determinasi parsial dan uji asumsi klasik yang terdiri dari multikolonieritas, heteroskedastisitas, normalitas data dan uji linearitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji dan uji F dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kredibilitas celebrity endorser dan non celebrity endorser, serta diketahui bahwa celebrity en-dorser meniiliki kredibilitas lebih baik dibanding non celebrity endorser. Semua variabel kredibilitas celebrity endorser yang terdiri atas keahlian (expertise) kepercayaan (trustworthiness), dan daya tarik (attractiveness) berpengaruh signifikan positif terhadap minat beli konsumen (purchase intention). Begitu juga pada variabel kredibilitas non celebrity endorser yang kesemuanya berpengaruh signifikan positif terhadap minat beli konsumen.

Keywords

Kredibilitas endorser, Minat beli konsumen

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Aplikasi Bisnis [JABIS]
Published by: 
Diploma Program in Economics, Faculty of Economics
Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia.

Creative Commons License
JABIS by http://journal.uii.ac.id/JABIS/ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.