Main Article Content

Abstract

Untuk menambah laba perusahaan, seorang manajer perusahaan harus
mempertimbangkan penggunaan leverage. Leverage adalah penggunaan biaya letap dalam upaya meningkatkan laba. Leverage ada dua macam leverage operasi dan leverage keuangan. Yang mana penggunaannya  akan sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya risiko dan laba yang akan didapatkan.
Studi ini meneliti tentang pengaruh leverage operasi dan leverage keuangan
terhadap risiko sistematis studi pada perusahaan manufatur yang terdaftar di LQ-45. Tujuan dari tugas akhir ini adalah mengetahui pengaruh leverage operasi dan leverage keuangan terhadap risiko sistematis. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menganalisis besarnya risiko sistematis masing-masing perusahaan, menganalisis besarnya tingkat leverage operasi dengan analisis degree of operating leverage (DOL), menganalisa besarnya tingkat leverage keuangan dengan analisis degree of finance leverage (DFL).
Hasil dari perhitungan tingkat leverage operasi yang diukur dengan
menggunakan rasio antara persentase perubahan net operating income dengan
perubahan net sales meminjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan
terhadap risiko sistematis. Sedangkan hasil dari perhitungar tingkat leverage
keuangan yang diukur dengan menggunakan rasio antara persentase perubahan
earning per share dengan persentase perubahan earning before interest and taxes menunjukan bahwa terdapat pengaruh negatif signifikan terhadap risiko sistematis. Sedangkan secera simultan leverage operasi dan leverage keuangan berpengaruh signifikan terhadap risiko sistematis. Beberapa penelitian sebelumnya memiliki hasil yang sama dan juga berbeda dengan hasil penelitian ini. Faktor-faktor yang mungkin menyebabkan ketidaksamaan ini meliputi metode penelitian yang berbeda, sampel dan alat analisis pengukuran variabelyang berbeda.

Keywords

leverage operasi leverage keuangan risiko sistematis

Article Details