Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh pemahaman tentang bagalmana pengaruh sifat machiavellian, locus of control, dan independensi  terhadap perilaku etis auditor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh variabel sifat machiavellian, locus of control dan independensi terhadap perilaku etis auditor. Literatur menunjukkan bahwa individu dengan tingkat machiavellian tinggi dan lebih rendah tingkat penalaran etika cenderung kurang mandiri dan lebih cenderung setuju dengan perilaku yang tidak etis. Kemerdekaan dalam audit berarti mengambil sudut pandang yang tidak bias dalam pelaksanaan pengujian audit, evaluasi hasil, dan penerbltan laporan audit. Beberapa hipotesis yang dikembangkan untuk menyelidiki; pertama pengaruh sifat machiavellianism yang negatif terhadap sikap etis auditor. Kedua, hubungan antara locus of control dan perilaku etis auditor, yang terakhir adalah hubungan antara independensi auditor dan perilaku etis auditor.

Penelitian ini menggunakan sampel staf auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) yang ada di kota Yogyakarta. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi berganda, dengan metode ini dapat dillhat bagaimana pengaruh setiap variabel seperti sifat machiavelltanisme, locus of control, dan independensi terhadap perilaku etis auditor.

Hasil dari penelitian ini hipotesis satu dan tiga terbukti sedangkan hipotesis kedua tidak terbukti hal ini mungkin disebabkan karena auditor lebih memilih bekerja menggunakan ketrampilan yang dimiliki dan tidak berdasarkan locus of control diri mereka sendiri.

Keywords

Sifat Machiavellianisme Locus of Controll dan Independensi Perilaku Etis Auditor

Article Details