Comparative Analysis Of Small Medium Enterprise Profitability Based On Its Ownership Form And Ethnicity: Study On Automotive Sector In Yogyakarta

Arif Singapurwoko

Abstract

Tujuan penelitian mi adalah untuk mengetahui (apakah terdapat perbedaan operating profit margin, net profit margin dan return on investment antara pengusaha Jawa dengan Tionghoa, dan bentuk sole proprietorship dengan partnership. Lokasi penelitian dilakukan di Yogyakarta pada perusahaan-perusahaan skala kecil dan menengah yang bergerak dalam bisnis otomotif suku cadang mobil dan bengkel.

Variabel independent dalam penelitian ini adalah operating profit margin, net profit margin dan return on investment, sedangkan tingkat keuntungan yang diperoleh merupakan variabel dependen. Setiap populasi diambil sampelnya untuk membandingkan net profit margin dan return on investment. Sampel penelitian dibagi menjadi dua kelompok yaitu berdasarkan bentuk kepemilikan dan etnis. Kepemilikan dibagi menjadi dua bentuk, yaitu sole proprietorship dan partnership. Etnis pemilik dibagi menjadi dua, yaitu Jawa dan Tionghoa.

Uji Statistik yang digunakan adalah independent sample t-test karena data yang digunakan berdistribus normal Hasil penlitian menjelaskan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pengusaha Jawa dengan Tionghoa pada operating profit margin, net profit margin, dan return on investment. Temuan lainnya adalah bentuk sole proprietorship dengan bentuk partnership memiliki perbedaan yang signifikan pada operating profit margin, net profit margin, and return on investment.

Keywords

small medium enterprise, sole proprietorship and partnership, net profit margin, return on investment

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Aplikasi Bisnis [JABIS]
Published by: 
Diploma Program in Economics, Faculty of Economics
Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia.

Creative Commons License
JABIS by http://journal.uii.ac.id/JABIS/ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.