Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan informasi dalam pengumuman saham bonus. Penelitian ini mengungkapkan pengaruh pengumuman saham bonus terhadap harga dan volume perdagangan saham, dengan melihat perubahan harga dan volume perdagangan saham sebelum dan sesudah adanya pengumuman. Penelitian ini menganalisis data sekunder yang tersedia di Bursa Efek Jakarta untuk periode 1999 sampai dengan 2004. Secara teoritik, adanya pengumuman saham bonus berakibat pada meningkatnya faktor penawaran saham, jika dasumsikan tidak ada perubahan pada permintaan maka dapat berakibat pada penurunan harga saham. Hal tersebut dapat mengakibatkan harga saham menjadi lebih kecil, lebih meningkatkan kemampuan pasar dalam memiliki saham, dan harga akan berkisar pada kisaran perdagangan yang optimum (optimal trading range). Akan tetapi, penelitian ini menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa pengumuman saham bonus tidak berdampak signifikan terhadap harga maupun volume perdagangan. Pengumuman saham bonus tidak mengakibatkan perbedaan yang signifikan terhadap rata-rata harga saham antara sebelum dengan sesudah pengumuman. Pengumuman saham bonus secara empirik juga tidak meningkatkan volume perdagangan saham.