ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI PERLINDUNGAN HAK CIPTA DAN OTENTIKASI DOKUMEN MENGGUNAKAN TEKNIK ANALISIS KRIPTOGRAFI

Erika Ramadhani, Wahluf Abidian

Abstract

Internet merupakan teknologi komunikasi antar perangkat jaringan yang tersebar dan terbesar didunia saat ini. Setiap tahun pengguna Internet semakin bertambah. Penambahan pengguna Internet berbanding lurus dengan penambahan jumlah data di Internet. Penggunaan terhadap data dari Internet sangatlah mudah dan lebih rentan terhadap kebebasan dalam pengaksesannya. Akibatnya, setiap dokumen yang sudah masuk ke dunia Internet akan berubah menjadi dokumen yang bebas bisa digunakan oleh siapa saja. Berdasarkan pada permasalahan tersebut, maka penulis melakukan perancangan pembuatan sistem yang mampu memberikan perlindungan hak cipta sekaligus menjaga keaslian dari dokumen tersebut walaupun dokumen tersebut sudah memasuki dunia Internet. Proses perancangan sistem akan menggunakan metode design thinking yang menghasilkan sebuah rekomendasi berupa model UI/UX. Metode perancangan ini akan menggunakan target dari pengguna dengan melihat apa kebutuhan yang diperlukan oleh pengguna. Sedangkan teknik analisis kriptografi digunakan untuk menginterpretasikan bagaimana sistem akan bekerja.

Full Text:

PDF

References

Wassen, O. (2018, 10 26). nodegraph. (nodegraph) Dipetik 04 22, 2020, dari https://www.nodegraph.se/big-data-facts/

Dahono, Y. (2014, Oktober 14). IBM : Data Adalah Sumber Daya Alam Baru. (berita satu) Dipetik 04 22, 2020, dari Berita Satu: beritasatu.com/iptek/217314-ibm-data-adalah-sumber-daya-alam-baru

Muadzani, A., Nurhayati, O. D., & Widangsari, I. P. (2016). Penyisipan Media Teks dan Citra Menggunakan Teknik Steganografi pada Media Pembawa Citra Digital. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer.

Amalina , S., Wahid, F., Satriadi, V., Farhani, F. S., & Setiani, N. (2017). Rancang Purwarupa Aplikasi UniBook Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2017, E-50.

Ismanto , D., & Wibowo, V. (2019). Rancang Bangun Watermarking Citra Digital Menggunakan Metode Discrete Cosine Transform Berbasis Android. Journal ENTER, 64-75.

Supangkat, S. H., Priyanto, K., & Juanda. (2000). Watermarking Sebagai Teknik Penyembunyian Label Hak Cipta pada Data Digital. Teknik Elektro, 19-27.

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 Creative Commons License
Journal of Appropriate Technology for Community Services (JATTEC) by http://journal.uii.ac.id/JATTEC/ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.