Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Journal of Appropriate Technology for Community Services?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Naskah

Naskah merupakan hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat asli (original) yang dapat memberikan kontribusi baru terhadap pengetahuan di bidang teknologi industri khususnya bagi masyarakat umum. Penulis diminta untuk mengirimkan naskahnya secara elektronik dengan menggunakan prosedur pengiriman online JATTEC. Penulis korespondensi juga harus memberikan pernyataan bahwa naskah tersebut tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain. Editor akan mengabaikan pengiriman naskah yang tidak mengikuti prosedur ini. 

Struktur Naskah

  1. Judul. Judul harus bersifat spesifik dan informatif, dan tidak lebih dari 14 kata. Judul yang baik adalah yang mencerminkan kegiatan pengabdian masyarakat.
  2. Nama dan institusi penulis. Nama penulis (tanpa gelar akademik) harus disertai dengan institusi penulis, alamat dan email untuk korespondensi. Untuk naskah bersama, salah satu penulis harus ditandai sebagai penulis korespondensi (*).
  3. Abstrak dan kata kunci. Jumlah kata dalam Abstrak adalah maksimum 250 kata. Abstrak harus terdiri dari: latar belakang, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan kegiatan. Abstrak yang dicantumkan adalah dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Gunakan huruf tegak lurus untuk abstrak dalam bahasa Indonesia dan huruf dicetak miring untuk abstrak dalam bahasa Inggris (juga harus menyertakan judul dalam bahasa Inggris). Kata kunci harus terdiri dari 3 hingga 5 kata atau frasa yang diletakkan di bawah abstrak. Kata kunci hendaklah mencerminkan istilah penting dalam naskah dan bukan kata-kata yang memiliki arti bersifat umum.
  4. Pendahuluan. Bagian Pendahuluan ditulis tanpa sub judul, berisi informasi latar belakang kegiatan, ulasan/review tentang latar belakang masalah, hasil kegiatan atau studi terdahulu, tujuan kegiatan, dan kontribusi dari artikel.
  5. Metode Kegiatan. Bagian Metodologi menjelaskan tentang metode-metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan, metode pengumpulan data, analisis dan pengolahan data, dan adanya partisipasi mitra.
  6. Hasil dan Pembahasan. Bagian Hasil dan Pembahasan dapat dibagi menjadi beberapa sub bab. Bagian ini harus memberikan deskripsi singkat dan tepat dari hasil kegiatan. Hasil dan pembahasan harus ditulis secara jelas dan ringkas serta dianjurkan untuk tidak melakukan duplikasi terhadap artikel yang telah ada sebelumnya. Penulis juga sebaiknya menuliskan kebaruan dan kontribusi kegiatannya pada bab ini. Pada bab ini juga disertakan kendala yang dihadapi selama kegitan berlangsung, dampak kegiatan, dan upaya kelanjutan kegiatan.
  7. Kesimpulan. Bagian ini terdiri dari kesimpulan dan juga saran (jika diperlukan). Kesimpulan harus merupakan jawaban dari tujuan kegiatan dan berupa pernyataan tegas. Saran haruslah logis dan sesuai. Kesimpulan hendaknya tidak memaparkan pengulangan secara redaksional dari bagian Pembahasan.
  8. Ucapan Terima Kasih. Bab ini memuat ucapan terima kasih yang ditujukan kepada penyedia sumber dana kegiatan.
  9. Daftar Pustaka. Bagian Daftar Pustaka mencantumkan artikel, buku, atau jenis publikasi lain yang dirujuk di dalam naskah.

Format Penulisan Umum

  1. Naskah dibuat dalam format kertas A4 dan spasi tunggal (single line). Paragraf baru harus dimulai 5 karakter dari batas kiri, menggunakan jenis font Times-New-Roman ukuran 12.
  2. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Inggris.
  3. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  4. Batas (margin) kiri 2 cm, margin kanan 2 cm, margin atas 3 cm, dan margin bawah 2 cm dengan spasi tunggal.
  5. Penulisan dalam satu kolom.
  6. Berikan spasi pada setiap pergantian bab.
  7. Judul ditulis menggunakan huruf kapital, ukuran font 12, dicetak tebal, posisi tengah (center).
  8. Sub bab ditulis menggunakan huruf kapital, ukuran font 12, dicetak tebal, mulai dari batas kiri.
  9. Sub dari sub bab, jika ada, ditulis menggunakan huruf kapital hanya pada huruf pertama setiap kata, dicetak tebal, dan dimulai dari batas kiri.

 Format Penulisan Khusus

  1. Persamaan dan rumus harus diberi nomor dengan ditulis (1), (2) ... dst yang muncul di sebelah kanan.
  2. Penulisan sub bab dapat dituliskan, seperti 1.1, lalu 1.1.1., 1.1.2, …dst.
  3. Hasil estimasi dari software tidak diperbolehkan untuk ditampilkan secara langsung di dalam naskah. Hasil tersebut harus ditampilkan dalam bentuk tabel ringkasan.

Tabel dan Gambar

Tabel dan gambar harus ditampilkan sebagai berikut:

  1. Nama tabel dan gambar harus mengikuti sistem penomoran angka (sistem penomoran Arab). Judul tabel diletakkan di bagian atas tabel sedangkan judul gambar di bagian bawah gambar.
  2. Tabel dan gambar harus menyertakan sumbernya, jika ada, pada bagian bawah.
  3. Setiap tabel hanya boleh berisi judul dan konten. Tabel hanya berisi baris saja tanpa garis kolom. Catatan dan sumber, jika ada, harus dicantumkan di bawah tabel.

Sitasi

Kutipan dalam teks harus ditulis menggunakan nama keluarga dan tahun publikasi. Sumber kutipan dengan penulis sejumlah 2 orang, maka menggunakan format (nama 1 & nama 2, tahun), kemudian jika sumber kutipan dengan penulis sejumlah 3 orang atau lebih dengan format (nama 1, nama 2, … & nama ke-n tahun). Contoh: (Hafdani & Sadeghinia, 2011), (Shi-lin, Peng, Yu-chao, & Jian-jun, 2016), (Ghaffari, Navaee, Oskoui, Bayati, & Rafiee-Tehrani, 2007).

Penulis disarankan untuk menggunakan perangkat lunak managemen referensi Mendeley.

Daftar Pustaka

Kutipan dan referensi harus mengikuti gaya APA (American Psychological Association). Referensi hanya mencakup karya-karya yang dikutip dalam teks naskah. Penulis disarankan untuk mempelajari manual gaya APA (http://www.apastyle.org/pubmanual.html) dalam menuliskan naskahnya. Penulis disarankan untuk menggunakan perangkat lunak managemen referensi seperti Mendeley, EndNote, Zotero, dan lain-lain. Berikut adalah beberapa contoh penulisan daftar pustaka.

Buku
Alciatore, D. G. & Histand, M. B. (2003). Introduction to Mechantronics and Measurement System (2 ed.). New York: McGraw-Hill, Inc.

Buku yang ditulis oleh lembaga
Modern Language Association. (1984). MLA Handbook of Writers of Research Papers, Theses and Disertations. New York: Modern Language Association.

Buku Suntingan
Srivastava, A. C. (2006). Teknik Instrumentasi (diterjemahkan oleh Susanto). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).

Bagian dari buku suntingan dengan penulis berbeda
Girosi F., & Ilotti, G.A. (1993). Rates of Convergence for Radial Basis Functions and Neural Network. Dalam Mammone, R.J. (ed.). Artificial Neural Network for Speech and Vision (pp. 97-114). London: Chapman and hall.

Artikel Jurnal
Chen, S., Cowan., C.F.N., dan Grant, P.M. (1991). Ortogonal Least Squares Learning Algorothm for Radial basis Function Network. IEEE Transaction on Neural Network, Vol.2, No.2., 302-309.
Du, W. Y. (2003). A Mixed Learning Approach in Mechatronics Engineering. World Transactions on Engineering and Technology Education, Vol 2, No.1.

Artikel diambil dari Media Website / Internet
Kuphaldt, T. R. (2006, 1 Januari). Lesson in Electric Circuit. 10 Maret 2006. http://www.ibiblio.org/obp/electricCircuits

Template Naskah

Naskah harus disiapkan sesuai dengan template MS Word berikut ini: (Journal Template)

Cara Pengiriman Naskah

  1. Naskah dalam format Microsoft Word harus dikirimkan kepada editor dengan cara mengklik tab Online Submission pada situs web JATTEC.
  2. Biografi singkat yang berisi nama lengkap, gelar akademik, institusi, telepon, nomor ponsel, dan lain-lain harus dituliskan pada saat mendaftar online dalam Online Submission.

Keputusan Akhir

Dengan mempertimbangkan hasil dari proses peer-review, keputusan mengenai penerimaan naskah untuk publikasi akan diberitahukan kepada penulis melalui sistem online yaitu yang berupa alternatif keputusan sebagai berikut:

  1. Diterima tanpa perbaikan, atau
  2. Diterima dengan perbaikan minor, atau
  3. Diterima dengan perbaikan mayor, atau
  4. Ditolak.

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.