Main Article Content

Abstract

Mitra Organik Jaya mulai merintis usaha media tanam dan pupuk organik untuk mencoba bersaing terutama di tengah situasi pandemi yang menuntut agar pelaku usaha agar bisa menyesuaikan diri dengan media usaha digital market.Mitra Organik Jaya merupakan usaha skala rumahan yang dirintis sejak pertengahan tahun 2020. Karena keterbatasan ilmu dan pengetahuan dalam membuat media tanam serta pupuk organik tersebut. Sehingga solusi dari permasalah tersebut adalah pelatihan pembuatan pupuk dan media tanam organik sesuai dengan standar baku dengan uji kelayakan produk berdasarkan kandungannya. Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan kemampuan mitra khususnya pada usaha home industry bidang media tanam organik di kabupaten Padang Pariaman. Program pengembangan yang akan disepakati dengan mitra adalah : Desain produk, merek, dan standarisasi uji produk, izin usaha, pemasaran produk berbasis digital market. Semua program ini dilakukan dalam kurun waktu 3 tahun. Pada tahap awal pelaksanaannya di tahun 2020, kegiatan ini telah menghasilkan luaran berupa desain kemasan produk dan merek, serta ijin usaha bagi mitra.

Article Details

Author Biographies

Ratna Aisuwarya, Andalas University

Fakultas Teknologi Informasi­

Sinta Silvia, Universitas Andalas

Fakultas Teknik

Monika Rianti Helmi, Universitas Andalas

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Afriyanti Dwi Kartika, Universitas Andalas

Fakultas Teknologi Informasi­

Melia Amalia, Universitas Andalas

Fakultas Teknologi Informasi­

Wahyu Budiman, Universitas Andalas

Fakultas Teknologi Informasi­

References

  1. Anwar, M. C., Rudijanto I.W, H., Triyantoro, B., & Wibowo, G. M. (2019). Pembuatan Pupuk Kompos Dengan Komposter Dalam Pemanfaatan Sampah Di Desa Bringin Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Jurnal LINK, 15(1), 47–49.
  2. Cundari, L., Arita, S., Komariah, L. N., Agustina, T. E., & Bahrin, D. (2019). Pelatihan dan pendampingan pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos di desa burai. Jurnal Teknik Kimia, 25(1), 5–12.
  3. Hananingtyas Izza. (2020). Implementasi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Melalui Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos., Jurnal As-Syifa, Jurnal pengabdian dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, Vol 1 no 2.
  4. Utomo Budi.(2018). Evaluasi pembuatan Kompos Organik Dengan Menggunakan Metode Hot Composting., e-journals.Ummul.ac.id Volume 2 nomor 01.Veronika N, Dhora A, dan Wahyuni S. (2019).
  5. Warjoto, R. E., Canti, M., & Hartanti, A. T. (2018). Metode komposting takakura untuk pengolahan sampah organik rumah tangga di cisauk, tangerang. Jurnal Perkotaan, 10(2), 76–90.
  6. Yuliananda, S., Utomo, P. P., & Golddin, R. M. (2019). Pemanfaatan sampah organik menjadi pupuk kompos cair dengan menggunakan komposter sederhana. Jurnal Abdikarya : Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasisw, 3(2), 159–165.