Main Article Content

Abstract

Digitalisasi dalam berbagai bidang secara umum telah diakui sebagai salah satu akselerator dalam pembangunan perekonomian di Indonesia, termasuk bagi usaha kecil, dan menengah (UKM). Salah satu bidang yang melakukan transformasi secara masif seiring dengan perkembangan teknologi adalah bidang pemasaran. Strategi pemasaran digital menggunakan media seperti situs web, media sosial, basis data, maupun digital audio & video, banyak dilakukan untuk menjangkau pelanggan secara lebih luas. Kegiatan pengabdian masyarakat di salah satu UKM penghasil kerajinan bambu diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya kemampuan digitalisasi dalam pemasaran produk. Saat ini fungsi akun media sosial yang dimiliki UKM tersebut tidak berfungsi secara maksimal. Oleh sebab itu, permasalahan yang ada terkait dengan strategi pemasaran secara digital perlu dieksplorasi dan dianalisis lebih lanjut. Melalui analisis SWOT ditemukan bahwa saat ini, untuk dapat memanfaatkan peluang dan menghadapi ancaman, perusahaan harus dapat mengeliminasi weakness untuk dapat mengoptimalkan pemasaran melalui media digital yang telah berjalan.

Article Details

Author Biographies

Meilinda Fitriani Nur Maghfiroh, Universitas Islam Indonesia

Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri

Dian Janari, Universitas Islam Indonesia

Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri,

sri indrawati indrawati, Universitas Islam Indonesia

Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri,

Muhammad Ridwan Andi Purnomo, Universitas Islam Indonesia

Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri,

References

  1. Aini, F. N., Sari, M. P., & Yandi, C. (2021). Analisis SWOT Pengelolaan Digital Marketing pada Brand DIOR untuk Kepuasan Konsumen. Jurnal Pendidikan Multimedia (Edsence), 3(2), 103–110. https://doi.org/10.17509/edsence.v3i2.40318
  2. Badan Pusat Statistik. (2017). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2017. https://www.bps.go.id/publication/2018/11/30/e0597f06233100ccdab076c1/statistik-telekomunikasi-indonesia-2017.html
  3. Dabbous, A., & Barakat, K. A. (2020). Bridging the online offline gap: Assessing the impact of brands’ social network content quality on brand awareness and purchase intention. Journal of Retailing and Consumer Services, 53, 101966. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019. 101966
  4. Daru, K., Sekretari, W. A., Manajemen, D., Sarana, B., Sitasi, C., & Widayati, : (2018). Implementasi SWOT Strategi Pemasaran Online dan Offline Pada PT Roti Nusantara Prima Cabang Jatiasih. Widya Cipta, 2(2), 209–216. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta
  5. David, F. R., David, F. R. (2017). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach. Pearson Education Limited, England.
  6. Febrianti, R. A. M., Haizam Mohd Saudi, M., Kaniawati, K., & Hermina, N. (2018). Transformation of Digital Marketing in the 4.0 Industry Revolution: A Study on Batik MSMEs. International Journal of Engineering & Technology, 7(4.34), 352. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.34.25779
  7. Harahap, D. F., & Hasim, W. (2021). Implementasi SWOT Strategi Pemasaran Online pada Counter Super Cell Di Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Jurnal Manajemen Sains, 1(1). https://doi.org/Http://dx.doi.org/10.36355/jms.v1i1.471
  8. Indrawati, S. (2012). SME’s Product Investment Priority and Selection Based on Local Competencies. Procedia Economics and Finance, 4(Complete), 59–67. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(12)00321-8
  9. Lemon, K. N., & Verhoef, P. C. (2016). Understanding Customer Experience Throughout the Customer Journey. Journal of Marketing, 80(6), 69–96. https://doi.org/10.1509/jm.15.0420
  10. Mangold, W. G., & Faulds, D. J. (2009). Social media: The new hybrid element of the promotion mix. Business Horizons, 52(4), 357–365. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.03.002
  11. Misirlis, N., & Vlachopoulou, M. (2018). Social media metrics and analytics in marketing – S3M: A mapping literature review. International Journal of Information Management, 38(1), 270–276. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2017.10.005
  12. Namugenyi, C., Nimmagadda, S. L., & Reiners, T. (2019). Design of a SWOT analysis model and its evaluation in diverse digital business ecosystem contexts. Procedia Computer Science, 159, 1145–1154. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.283
  13. Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
  14. Putri, S. D., & Fithrah, D. S. (2018). Pengaruh Online Marketing Campaign #Samyangchallenge Terhadap Consumer Behavior Digital Natives Pengguna Youtube Indonesia. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 1(2), 132. https://doi.org/10.24198/prh.v1i2.11460
  15. Rachmadewi, I. P., Firdaus, A., Qurtubi, Q., Wahyudhi Sutrisno, & Chancard Basumerda. (2021). Analisis Strategi Digital Marketing pada Toko Online Usaha Kecil Menengah. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2), 121–128. https://doi.org/10.30656/intech.v7i2.3968
  16. Redjeki, F., & Affandi, A. (2021). Utilization of Digital Marketing for MSME Players as Value Creation for Customers during the COVID-19 Pandemic. International Journal of Science and Society, 3(1), 40–55. http://ijsoc.goacademica.com/index.php/ijsoc/article/view/264
  17. Reyneke, M. (2010). Luxury as the Opposite of Vulgarity: A Trio of Perspectives on Luxury Brands. International Journal of Wine Business Research, 23(1), 21–35.
  18. Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07
  19. Sari, D.W., Pebrianggara, A.,Oetarjo, M., (2021). Digital Marketing, UMSIDA Press. Sidoarjo.
  20. Tirta, A., & Prasanti, S. (2021). Indonesia’s SMEs hold the key to growth. How can they scale up? World Forum Economics. https://www.weforum.org/agenda/2021/09/how-can-indonesian-smes-scale-up/
  21. Unruh, G., & Kiron, D. (2017). Digital Transformation on Purpose. MITSloan Management Review. https://sloanreview.mit.edu/article/digital-transformation-on-purpose/
  22. Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Forum Keuangan Dan Bisnis IV, 327–337.
  23. Wood, J., & Khan, G. F. (2016). Social business adoption: An empirical analysis. Business Information Review, 33(1), 28–39. https://doi.org/10.1177/0266382116631851
  24. Woodcock, N., & Green, A. (2010). Social CRM as a Business Strategy, The Customer Framework. Online.