Main Article Content

Abstract

Zakat fitrah merupakan suatu kewajiban umat islam yang terdapat rukun islam yang ketiga. Dengan begitu setiap umat islam setiap tahun pada bulan suci Ramadhan wajib membayarkan zakat fitrah sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ditetapkan. Pada saat ini proses pengelolaan zakat fitrah masih banyak yang bersifat manual, sehingga sering muncul permasalahan mulai dari pendataan muzakki dan mustahik yang salah, penerimaan zakat dan distribusi zakat yang tidak tepat sasaran, sampai dengan hilangnya data dikarenakan data tersebut tidak tersimpan dengan baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibangun sebuah sistem informasi pengelolaan data zakat fitrah berbasis web sebagai alat bantu untuk mengoptimalkan proses penerimaan dan distribusi zakat fitrah. Pada pengembangan sistem ini menggunakan metode waterfall  dan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sistem ini menggunakan PHP versi 7.3, HTML versi 5, CSS versi 3, dan webmaster Xampp, serta tools untuk membantu mengelola basis data menggunakan MySQL. Manfaat dan keuntungan yang diperoleh dari sistem ini yaitu pengolahan data zakat terkait penerimaan dan distribusi zakat fitrah lebih cepat dan akurat, serta meminimalisir kehilangan data. Pengendalian proses pengelolaan zakat fitrah dapat dilakukan secara online, tidak dibatasi oleh jarak dan waktu.

Keywords

Zakat Fitrah, Sistem Informasi, Berbasis Web.

Article Details

Author Biographies

Cecep Muhamad SR, Siliwangi University

Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknik

Acep Irham Gufroni, Siliwangi University

Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknik

Rahmi Nur Shofa, Siliwangi University

Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknik

Andi Nur Rachman, Siliwangi University

Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknik

References

  1. Asti., Kurniawan. (2011). Definisi dan Konsep Dasar Pengembangan Sistem dan Teknologi Informasi. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Penerbit Pembaruan.
  2. Baznas (2011). Evaluasi Program baznas (Badan Amil Zakat Nasional dalam Meningkatkan dan Mensejahterakan Masyarakat. Jakarta : Penerbit Andi.
  3. Gordon., Jogiyanto. (1999). Analisa dan desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : Penerbit Andi Offset.
  4. Kemenag. (2002). Definisi dan Konsep Zakat dalam Kehidupan Bermasyarakat. Yogyakarta : Penerbit Andi Offset.
  5. Nash., Bunafit. (2008). Aplikasi Pengembangan Web Dinamis dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Penerbit Gaya Media.
  6. Oetomo., Budi Sutedjo Dharma. (2002),. Perencanaan dan Pengembangan Sistem Informasi. Yogyakarta : Penerbit Andi.
  7. Roger S. Pressman, P. D. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
  8. Soetomo. (2011). Pemberdayaan Masyarakat Mungkin Muncul Anisetesisnya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
  9. Sumodiningrat., Gunawan, (1997). Pembangunan Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat, PT. Bina Rena Pariwara.
  10. Suryadi., Kadarsah. (1998). Sistem Pendukung Keputusan. Bandung : Penerbit Remaja Rosdakarya Offset.
  11. Susiyanto., Didit. (2009). Pendekatan CLST (Community Lead Total Samitation) dalam Per ubahan Prilaku Kesehatan Pada Masyarakat (Studi Kasus : Perubahan perilaku BAB Masyarakat di Desa Kenongo Kecamatan Gucialit Kabupaten Lumajang); Jember : Penerbitan Universitas Jember.