Main Article Content

Abstract

UMKM Sapuangin merupakan suatu UMKM yang bergerak dalam bidang produksi dan pemasaran kopi lokal. UMKM ini memiliki koperasi namun belum dilakukan pendirian badan hukum yang telah disahkan oleh Kemenkumham. Namun, koperasi dinilai belum berhasil menyukseskan tujuan untuk menyejahterakan bagi masyarakat serta belum dapat bersaing dengan lembaga keuangan lainnya. Banyak koperasi mengalami kesulitan karena faktor profesionalitas organisasi.  Secara umum, permasalahan yang dihadapi koperasi adalah kurang memadainya Sumber Daya Manusia (SDM) terkait pengetahuan, keterampilan, dan pengelolaan koperasi dan bisnis. SDM menjadi salah satu faktor penentu berhasil tidaknya organisasi. Faktor tersebut menentukan keunggulan untuk bersaing suatu organisasi. Organisasi sangat membutuhkan SDM yang memiliki kompetensi tertentu untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan pekerjaannya. Koperasi hanya dijalankan dengan seadanya sehingga tidak memiliki arti yang signifikan. Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan merupakan upaya pengembangan kemampuan seseorang.  Pendidikan dan pelatihan dapat meningkatkan kinerja organisasi dan kinerja karyawan. Pembinaan terkait manajemen bertujuan agar koperasi mampu mengembangkan pangsa pasar oleh pengelola karena koperasi masih mengandalkan pasar internal, yaitu partisipasi anggota pada saat ini. Untuk itu, pengabdian masyarakat di Koperasi Sapuangin dilakukan dengan menyelenggarakan pelatihan serta pendirian koperasi yang berdasar hukum.

Keywords

Koperasi Pendidikan dan Pelatihan SDM Cooperatives Education and Training HR

Article Details

Author Biographies

Elanjati Worldailmi, Universitas Islam Indonesia

Teknik Industri

Dian Janari, Universitas Islam Indonesia

Teknik Industri

Meilinda Fitriani Nur Maghfiroh, Universitas Islam Indonesia

Teknik Industri

References

  1. Andreas, L. (2004). Kepemimpinan dan Kinerja Organisasi (Isu, Teori dan Solusi). Jakarta: Asmara Books.
  2. Anomsari, A., Setyowati, L., & Kadarningsih, A. (2013). Proceeding Seminar Nasional & Call for Papers (SCA-3), Vol 3, No 1 (2013).
  3. Njotoprayitno, R.S. (2011). Peran Kepemimpinan, Kompetensi SDM, dan Pengelolaan Manajemen dalam Peningkatan Daya Saing Koperasi di Indonesia. Proceeding Seminar Nasional & Call for Papers (SCA-1), Vol 1, No 1 (2011).
  4. Notoatmodjo, S. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Rosmiati, E. (2012). Koperasi sebagai implementasi ekonomi kerakyatan. Jurnal Ilmiah Widya (2012): 218748.
  6. Sirait, B. (2009). Analisis Pengaruh Program Dinas Koperasi dan UKM Terhadap Perkembangan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) Di Provinsi Sumatera Utara. Tesis Pasca Sarjana Unsud, Medan.
  7. Undang Undang Nomor 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian. Surabaya: Diperbanyak oleh penerbit Arkola Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003.