Main Article Content

Abstract

Masyarakat Dukuh Sawur menanam singkong di kebun mereka. Masyarakat memanfaatkan daun singkong hanya untuk dikonsumsi. Padahal jika dimanfaatkan secara baik, maka jumlah daun singkong yang sangat melimpah, bisa menjadi potensi ekonomi bagi masyarakat Dukuh Sawur. Oleh karena itu perlu dicari cara untuk mengelola daun singkong agar bisa memberikan potensi ekonomi yang tinggi. Daun singkong ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan kain ecoprint. Metode pembuatan kain ecoprint bisa menggunakan teknik pounding dan teknik steaming. Berdasarkan pelatihan pembuatan kain ecoprint, maka dapat disimpulkan bahwa kain ecoprint bisa menjadi produk unggulan UMKM di Dukuh Sawur. Hal ini berdasarkan fakta fakta yaitu pembuatannya yang dapat dilakukan dimana saja, alat dan bahan yang mudah didapatkan, persediaan daun singkong yang melimpah serta tahapan-tahapan prosesnya yang mudah dilakukan.

Keywords

Dukuh Sawur Daun Singkong Ecoprint Teknik Pounding Teknik Steaming Cassava Leaves Pounding Techniques Steaming Techniques

Article Details

Author Biographies

Nur Iftitah, Universitas Islam Indonesia

Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri

Ali Maskuri, Universitas Islam Indonesia

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Atyanti Dyah Prabaswari, Universitas Islam Indonesia

Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri

References

  1. Flint, I. (2008). Eco Colour. Australia: Murdoch Books.
  2. K Elsahida et al (2019). Sustainability of the use of natural dyes in the textile industry. IOP Conf. Ser.: Earth Environ. Sci. 399 012065
  3. Lestari, Kun WF. (2002). Promosi Dagang, Industri, dan Investasi Melalui Workshop Pewarnaan Batik Kria Tekstil (Tekstil Kerajinan Tenun) dengan Zat Warna Alam. Yogyakarta: Departemen Perindustrian dan Perdagangan R.I.
  4. Nurcahyanti, D., & Septiana, U. (2018). Handmade Eco Print as a Strategy to Preserve the Originality of Ria Miranda’s Designs in the Digital Age. Mudra Jurnal Seni Budaya, 33(3), 395–400.
  5. Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2019 tentang Karang Taruna
  6. Prabawati, Sulusi. Nur Richana., dan Suismono. (2011, Mei 10). Manfaat Singkong. Agroinovasi: Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pasca Panen Pertanian.
  7. Soenarso, Soehardi. (2004). Memelihara Kesehatan Jasmani Melalui Makanan. Bandung: ITB.