Main Article Content

Abstract

Keterampilan menulis termasuk salah satu literasi bahasa yang perlu dilatihkan dan diupayakan agar terhindar dari kesalahan ejaan dan kecurangan penulisan. Akan tetapi, studi menunjukkan bahwa kesalahan ejaan dan fenomena plagiat telah muncul sejak keterampilan menulis dilatihkan di bangku sekolah. Oleh karena itu, rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberi edukasi mengenai kesalahan ejaan dan plagiat serta meningkatkan keterampilan menulis para siswi dalam bentuk buku antologi. Kegiatan ini berlangsung di Sekolah Salihah, sekolah Islam putri, sebagai salah satu lembaga pendidikan tingkat menengah di Yogyakarta. Sejumlah tujuh kegiatan telah dilakukan, mulai dari edukasi terkait internet dan plagiat, pelatihan pengembangan ide/gagasan individual, pendampingan tulisan kolaboratif, pelatihan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan kesalahan ejaan, pendampingan penulisan sesuai PUEBI, penyuntingan buku antologi siswi hingga penerbitan buku. Persentase kehadiran di setiap pelatihan melebih 90% dan para siswi juga telah berlatih menggunakan aplikasi Zoom dan Google Docs serta membaca hasil indeks kemiripan tulisan dari Turnitin. Sejumlah 7 dari total 9 kelompok telah merevisi draf tulisan dan memperoleh indeks kemiripan tulisan sekitar 2-21% yang berarti tulisan siswi termasuk bagus. Program pengabdian masyarakat ini juga telah berhasil menerbitkan sebuah buku antologi berjudul “Dampak Internet: Positif atau Negatif?”. Berdasarkan kemajuan penurunan tingkat kemiripan, proses pembelajaran menulis bagi para siswi membutuhkan waktu dan upaya khusus dan edukasi serta pelatihan perlu dilakukan secara kontinu dan lebih luas.

Keywords

buku antologi indeks kemiripan tulisan kesalahan ejaan ketrampilan menulis pelatihan PUEBI

Article Details

Author Biographies

Nur W. Rahayu, Universitas Islam Indonesia

Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri

Chanifah I. Ratnasari, Universitas Islam Indonesia

Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri

Sri Kusumadewi, Universitas Islam Indonesia

Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri

References

  1. Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif Di Sekolah Dasar. Departemen Pendidikan Nasional.
  2. Bachtiar, D. Y., Suhartiningsih, & Sihono. (n.d.). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar pada Siswa Kelas III SDI Al-Khairiyah Banyuwangi Tahun Pelajaran 2014/2015.
  3. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek RI. (2022). Keputusan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 0424/I/BS.00.01/2022.
  4. Dhyatmika, A. A. G. B. W. (2016, February 9). Seperempat Esai Mahasiswa Indonesia Terindikasi Plagiat. Tempo. https://nasional.tempo.co/read/743504/seperempat-esai-mahasiswa-indonesia-terindikasi-plagiat
  5. Hafsa, N.-E. (2019). An Overview of Theories Explaining Plagiaristic Behavior of Students. 10(25). https://doi.org/10.7176/JEP
  6. Hamidah, I., Yunesi, R. T., & Fasya, Y. F. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Teks Narasi Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Padalarang Tahun Pelajaran 2017/2018. JLER (Journal of Language Education Research), 1(2). https://doi.org/10.22460/jler.v1i2.p%25p
  7. Hidayah, A. N., Sahni, C. M., Prismasari, D., & Ulya, C. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa Aspek Ejaan Pada Kumpulan Cerpen Karya Siswa SMP IT Nurul Islah. Nivedana: Jurnal Komunikasi & Bahasa, 3(1), 37–46. https://doi.org/10.53565/nivedana.v3i1.341
  8. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2010). Peraturan Mendikbud RI Nomor 17 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi. https://jdih.kemdikbud.go.id/
  9. Rahayu, N. W., & Haningsih, S. (2021). Digital parenting competence of mother as informal educator is not inline with internet access. International Journal of Child-Computer Interaction, 29, 100291. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2021.100291
  10. Rumalean, I., Tabelessy, N., Hukubun, Y., & Sarluf, H. (2020). Analisis Pemerolehan Kesalahan Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 7 Ambon. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 63–72. https://doi.org/10.32528/bb.v5i1.2990
  11. Sahrani, R. (2020, December 7). Angka Plagiarisme Naik, Apa Pentingnya Jadi Mahasiswa Berintegritas? Kompas. https://www.kompas.com/edu/read/2020/12/07/093751071/angka-plagiarisme-naik-apa-pentingnya-jadi-mahasiswa-berintegritas?page=all
  12. Situmorang, N. M. Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui Teknik Guiding Questions. Journal of Education Action Research, 2, 165–171. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index
  13. Subekti, N. A., Sumarwati, & Suhita, R. (2020). Analisis Kesalahan Struktur dan Pemakaian Bahasa Indonesia pada Teks Persuasi Karangan Siswa Kelas 8 SMP di Surakarta. 8(2), 260–272.
  14. Suprayogi, S., Pranoto, B. E., Budiman, A., Maulana, B., & Swastika, G. B. (2021). Pengembangan Keterampilan Menulis Siswa SMAN 1 Semaka Melalui Web Sekolah. 2(3). https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/92