Main Article Content

Abstract

Kawasan Sapuangin merupakan salah satu jalur pendakian Gunung Merapi dengan sejumlah potensi menjadi desa wisata. Namun demikian, pengembangan desa wisata membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat didalamnya. Sehingga dibutuhkan sebuah program pendampingan untuk memberikan edukasi terhadap masyakat Kawasan Sapuangin terkait desa wisata. Pelatihan dilakukan dengan empat tahap utama, yaitu: sosialisasi, penyuluhan teknis, pelatihan pemasaran digital serta pembuatan paket wisata. Proses evaluasi dan monitoring setelah pelatihan dilakukan setiap bulan untuk memastikan sarana pemasaran siap untuk digunakan.Sebagai bagian dari diversifikasi ekonomi pedesaan, diharapkan dengan pengembangan desa wisata dan pelatihan pemasaran digital dapat digunakan sebagai fondasi dan batu loncatan bagi pihak mayarakat di Kawasan Sapuangin untuk mengembangkan desa wisata yang lebih baik dan berkelanjutan.

Keywords

digital marketing tourism village social media sapuangin

Article Details

References

  1. Ari, K. (2021). Strategi Pemasaran Digital sebagai Destinasi Desa Wisata. In Universitas Bakrie Press. Universitas Bakrie Press. https://www.dimakstrategy.com/strategi-pemasaran-digital-dan-langkah-langkahnya/
  2. Brubaker, P. J., & Wilson, C. (2018). Let’s give them something to talk about: Global brands’ use of visual content to drive engagement and build relationships. Public Relations Review, 44(3), 342–352. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2018.04.010
  3. Choe, Y., Stienmetz, J. L., & Fesenmaier, D. R. (2016). Measuring Destination Marketing: Comparing Four Models of Advertising Conversion. Journal of Travel Research, 56(2), 143–157. https://doi.org/10.1177/0047287516639161
  4. Cooper, C., Fletcher, J., Gilbert, D., Fyall, A., & Wanhill, S. (2005). Tourism: Principles and Practice. Pearson Education. https://books.google.co.id/books?id=OWonlWCgp34C
  5. Fatimah, A. (2017). Potensi Wisata Minat Khusus Di Jalur Pendakian Sapuangin Taman Nasional Gunung Merapi, Tegalmulyo, Kemalang, Klaten. GeoEducasia, 2(6), 807–820.
  6. Irfipta, I., Sihaloho, M., & Satyawan, S. (2017). Pengembangan Desa Wisata (Kasus Desa Wisata Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang) Identification of the Characteristics of Citizens in the Development of Village. Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, 1(4), 551–562.
  7. Li, Y., Huang, H., & Song, C. (2021). The nexus between urbanization and rural development in China: Evidence from panel data analysis. Growth and Change, n/a(n/a). https://doi.org/https://doi.org/10.1111/grow.12535
  8. Maghfiroh, M. F. N., Janari, D., Indrawati, S., & Andi, M. R. (2022). Analisis SWOT untuk Digitalisasi Strategi Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah Kerajinan Bambu. Journal of Appropriate Technology for Community Services, 3(2), 1–11.
  9. Mayer, M., & Vogt, L. (2016). Economic effects of tourism and its influencing factors. Zeitschrift Für Tourismuswissenschaft, 8(2), 169–198. https://doi.org/10.1515/tw-2016-0017
  10. Misirlis, N., & Vlachopoulou, M. (2018). Social media metrics and analytics in marketing – S3M: A mapping literature review. International Journal of Information Management, 38(1), 270–276. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2017.10.005
  11. Nieamah, K. F., Utami, N., Fiddienika, A., & Purwoko, Y. (2018). Strategi Pengembangan Desa Ekowisata Pampang untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 9(2), 81–87. https://doi.org/10.31294/khi.v9i2.5231
  12. Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
  13. Putu Aban Wibawa, I., Putu Astawa, I., Made Rai Sukmawati, N., Wayan Basi Arjana, I., & Gusti Putu Sutarma, I. (2022). Digital Marketing and Sustainable Tourism for Tourist Villages in Bangli Regency. International Journal of Glocal Tourism, 3(2), 88–99. https://ejournal.catuspata.com/index.php/injogt
  14. Redjeki, F., & Affandi, A. (2021). Utilization of Digital Marketing for MSME Players as Value Creation for Customers during the COVID-19 Pandemic. International Journal of Science and Society, 3(1), 40–55. http://ijsoc.goacademica.com/index.php/ijsoc/article/view/264
  15. Reyneke, M. (2010). Luxury as the Opposite of Vulgarity: A Trio of Perspectives on Luxury Brands. International Journal of Wine Business Research, 23(1), 21–35.
  16. Ridho, B. A. (2022). Pengembangan Desain Produk Kemasan Kopi Di Sapuangin Kopi Basecamp Merapi Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD) Dan Kano. In Universitas Islam Indonesia. Universitas Islam Indonesia.
  17. Rocca, L. H. D., & Zielinski, S. (2022). Community-based tourism, social capital, and governance of post-conflict rural tourism destinations: the case of Minca, Sierra Nevada de Santa Marta, Colombia. Tourism Management Perspectives, 43(July), 100985. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2022.100985
  18. Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07
  19. Sharma, M., Banerjee, S., & Paul, J. (2022). Role of social media on mobile banking adoption among consumers. Technological Forecasting and Social Change, 180, 121720. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.techfore.2022.121720
  20. Wahyuni, D. (2018). Strategi Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran, Kabupaten Gunung Kidul. Aspirasi, Vol. 09 No(Jurnal Masalah-Masalah Sosia), 83.
  21. Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Forum Keuangan Dan Bisnis IV, 327–337.
  22. Wood, J., & Khan, G. F. (2016). Social business adoption: An empirical analysis. Business Information Review, 33(1), 28–39. https://doi.org/10.1177/0266382116631851
  23. Woodcock, N., & Green, A. (2010). Social CRM as a Business Strategy, The Customer Framework. Online.