Main Article Content

Abstract

Pondok Pesantren Aswaja memiliki beberapa produk-produk unggulan yang diproduksi secara mandiri. Namun Pondok Pesantren Aswaja mengalami kesulitan untuk melakukan perluasan pasar dikarenakan belum memiliki identitas produk yang mencirikan usaha milik Pondok Pesantren Aswaja. Kegiatan ini bertujuan untuk merancang logo untuk produk-produk Pondok Pesantren Aswaja sebagai identitas utama dan pembeda dengan produk-produk pesaing sehingga Pondok Pesantren Aswaja dapat melakukan branding untuk produk-produk mereka. Metode yang digunakan adalah design thinking yang merupakan metode desain dengan manusia sebagai pusat dalam proses desain. Design thinking merupakan metode yang baik untuk digunakan dalam pembuatan logo produk dikarenakan dapat disesuiaikan dengan strategi perusahaan. Hasil dari kegiatan ini adalah desain logo beserta gambaran implementasi logo pada produk-produk Pondok Pesantren Aswaja yang telah mendapatkan apresiasi dari pihak Pondok Pesantren Aswaja.

Keywords

Logo Produk Pesantren Branding Design Thinking

Article Details

References

  1. Baudrillard, J. (1968), Le Système des Objets, Gallimard, Paris. Van der Lans, R., Cote, J.A., Cole, C.A., Leong, S.M., Schmidts, A., Henderson, P.W., Bluemelhuber, Ch., Bottomley, P.A., Doyle, J.R., Fedorikhin, A., Moorthy, J., Ramaseshan, B. and Schmitt, B.H. (2009), “Cross-national logo evaluation analysis: an individual-level approach, Marketing Science, Vol. 28 No. 5, pp. 968-985.
  2. Brown, T., (2009) Change by Design: Desig Thinking Transforms Organizations and Inspires Innovation. New York: Harper Collins Publishers.
  3. Bucolo, S., & Matthews, J. H. (2010). Using a design led disruptive innovation approach to develop new services: Practising innovation in times of discontinuity. In Proceedings of the 11th International CINet Conference: Practicing Innovation in the Times of Discontinuity (pp. 176–187). CINet.
  4. Cross, N., Christiaans, H., & Dorst, K., (1996) (Eds.), Analysing design activity, Wiley, Chichester, UK.
  5. Dam, R. F., & Siang, T. Y. (2022). What is Design Thinking and Why Is It So Popular? Retrieved from Interaction Design Foundation website: https://www.interaction-design.org/literature/article/what-is-design-thinking-and-why-is-it-so-popular
  6. Deepa, P. (2020). A Study on the Concepts of Design Thinking. International Journal of Engineering Applied Sciences and Technology, 4(12), 269-272.
  7. Dorst, K., (2010) The Nature of Design Thinking, Ed. by Dorst, K., Stewart, S., Staudinger, I., Paton, B., & Dong, A., Proceedings of the 8th Design Thinking Research Symposium (DTRS8) Interpreting Design Thinking, Sydney, 19-20 October, pp. 131-139.
  8. Fleury, A., Stabile, H., & Carvalho, M. (2016). An Overview of the Literature on Design Thinking: Trends and Contributions. International Journal of Engineering Education, 32(4), 1704–1718.
  9. Liedtka, Jeanne (September 2018). "Why design thinking works". Harvard Business Review. 96 (5): 72–79.
  10. MacInnis, D.J., Shapiro, S. and Mani, G. (1999), “Enhancing brand awareness through brand symbols”, Advances in Consumer Research, Vol. 26 No. 1, pp. 601-608.
  11. Razzouk, R., & Shute, V. J. (2012). What Is Design Thinking and Why Is It Important? Review of Educational Research, 82(3), 330-348. https://doi.org/10.3102/0034654312457429
  12. Park, C.W., Eisingerich, A.B., Pol, G. and Park, J.W. (2013), “The role of brand logos in firm performance”, Journal of Business Research, Vol. 66 No. 2, pp. 180-187.