Main Article Content
Abstract
IFRS X Purwokerto merupakan salah satu rumah sakit pemerintah sebagai pelayanan publik. Pengelolaan keuangan IFRS X Purwokerto dikelola dengan sistem Badan Layanan Umum. Persentase pasien memiliki dampak terhadap pendapatan rumah sakit. Persentase pasien adalah salah satu pengukuran perspektif pelanggan pada metode balanced scorecard. Desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari dokumen penerimaan rawat jalan pada Desember 2008, dan dari data administrasi rumah sakit. Data kualitatif diperoleh dari wawancara dengan Kepala Departemen Farmasi Rumah Sakit X Purwokerto. Data kuantitatif dianalisis sebagai rata-rata persentase pasien yang dihadapi, dan data kualitatif adalah deskriptif analisis. Hasil menunjukkan rata-rata persentase pasien yang ditemui pada pasien rawat jalan IFRS X Purwokerto adalah 71,84%. Kepala Departemen Farmasi Rumah Sakit X Purwokerto mengatakan untuk mengoptimalkan persentase pasien perlu kerjasama semua segmen, dari stakehoulders (direktur dewan rumah sakit X Purwokerto dan pemerintah), dan perbaikan terus-menerus dari proses internal IFRS X Purwokerto.
Keywords
Article Details
Authors who publish in the Jurnal Ilmiah Farmasi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant Jurnal Ilmiah Farmasi right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution Licence that allows others to adapt (remix, transform, and build) upon the work non-commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Jurnal Ilmiah Farmasi.
- Authors are permitted to share (copy and redistribute) the journal's published version of the work non-commercially (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Jurnal Ilmiah Farmasi.