Main Article Content

Abstract

Intisari 

Latar belakang: Kecombrang  telah  diketahui  memiliki aktivitas  sebagai  inhibitor  a-glukosidase  secara  in  vitro. 

Tujuan: Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  aktivitas  penurunan  kadar  glukosa  darah  dengan metode induksi aloksan ekstrak etanol 70% daun kecombrang. 

Metode: Pada metode induksi aloksan, hewan uji diinduksi aloksan dengan dosis 150 mg/kg BB secara intraperitoneal. Ekstrak etanol 70% daun kecombrang diberikan dengan variasi dosis yaitu 1 mg/kg BB, 10 mg/kg BB, dan 100 mg/kg BB selama 21 hari. 

Hasil: Hasil statistik pada uji dengan metode induksi aloksan menunjukkan kelompok dosis 1, 10 dan 100 mg/kg BB berbeda secara bermakna dengan kontrol negatif (p<0,05) dan tidak bebeda secara bermakna dengan kontrol positif (p<0,05). Ekstrak etanol 70% daun kecombrang dosis 100 mg/kg BB menunjukkan penurunan kadar glukosa darah yang terkuat dibandingkan dosis 1 dan 10 mg/kg BB dengan presentase penurunan glukosa darah mencapai 76,62% pada hari ke-21. 

Kesimpulan: Hal ini menunjukkan ekstrak etanol 70% daun kecombrang memiliki kemampuan menurunkan kadar glukosa darah pada tikus yang diinduksi aloksan.

Kata kunci : Kecombrang, antihiperglikemik, aloksan, ekstrak etanol

Article Details