Main Article Content
Abstract
Purpose – This research aims to explore the impact of factors such as lifestyle, promotions, social environment, social media, and marketplaces on the consumptive behavior of students at the Faculty of Business and Economics, Universitas Islam Indonesia.
Methods – The approach used is quantitative, with primary data collection through the use of questionnaires distributed to respondents. The analysis is conducted using multiple linear regression methods. The subjects of this research are students from the Faculty of Business and Economics, Islamic University of Indonesia.
Findings – The results of this study indicate that lifestyle, social environment, social media, and marketplaces have a significant positive impact on consumptive behavior, while promotions have a significant negative impact.
Implication Internal factors, external factors, and ease of shopping can drive a student to exhibit consumptive behavior.
Originality – This research is novel in that it involves factors from the non-actor side, namely the presence of social media and marketplaces.
Abstrak
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak faktor-faktor seperti gaya hidup, promosi, lingkungan sosial, media sosial, dan marketplaces terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia.
Metode – Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, dengan pengumpulan data primer melalui penggunaan kuisioner kepada responden. Analisis dilakukan menggunakan metode regresi linear berganda. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa dari Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia.
Temuan – Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa gaya hidup, lingkungan sosial, media sosial, dan marketplaces memiliki dampak positif yang signifikan terhadap perilaku konsumtif, sementara promosi memiliki dampak negatif yang signifikan.
Implikasi – Faktor internal, faktor eksternal, serta kemudahan dalam berbelanja mampu mendorong seorang mahasiswa untuk berperilaku konsumtif.
Orisinalitas – Penelitian ini memiliki kebaruan yaitu melibatkan faktor dari sisi non-pelaku yaitu adanya media sosial serta marketplaces.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Riska Dwi Astuti, Laura Angelina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Deasy Soraya A Aminartha, Niniek F.Lantara, & Arifuddin. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Digital terhadap Tingkat Penjualan Produk Kuliner Kemasan. Economics and Digital Business Review. 4(2). https://jurnal.kominfo.go.id
- Delyana Rahmawany Pulungan, & Hastina Febrianty. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen. 2(3). 10.5281/zenodo.1410873
- Hanipah. (2020). Pengaruh Literasi dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif untuk Produk Fashion dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Skripsi
- Maulana, I., Merseyside, J., & Salsabila, O. (2020). Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Perilaku Konsumtif di Era Ekonomi Digital. 17(1), 28–34.
- Millenia Wardhani, Z. (2022). Pengaruh Harga, Shopping Lifestyle, Dan Promosi Terhadap Impulse Buying Pada Pembelian Online Shop Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 11(e-ISSN: 2461-0593), 1–16.
- Noor Agustina, S., & Mahmud, A. (2018). Pengaruh Motivasi, Gaya Hidup, Status Sosial Ekonomi, Dan Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Dengan Gender Sebagai Variabel Moderating. Skripsi.
- Ratih Dewi Titisari Haryana. (2020). Pengaruh Life Style, Self Control dan Financial Literacy terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Melakukan Online Shopping. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi. 16(1). https://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/805/pdf
- Rismayanti, & Oktapiani. (n.d.). Pengaruh Uang Saku dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa. 2019, 31–37.
- Sofia, M. (2017). Pengaruh Instagram Sebagai Media Online Shopping Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. 4(1), 1–15.
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
- Sudirman, Acai dkk. (2020). Perilaku Konsumen Dan Perkembangannya di Era Digital. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
- Velia Eka Rahmawati, & Jun Surjanti. (2021). Analisis Faktor Perilaku Konsumtif Berbelanja Obline Produk Fashion saat Pandemi pada Mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. 4(2), p. 11-18. http://ojs.unm.ac.id/JEKPEND
- Yahya, A. (2021). Determinan Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta. 23(1), p. 37. https://doi.org/10.33370/jpw.v23i1.506.
References
Deasy Soraya A Aminartha, Niniek F.Lantara, & Arifuddin. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Digital terhadap Tingkat Penjualan Produk Kuliner Kemasan. Economics and Digital Business Review. 4(2). https://jurnal.kominfo.go.id
Delyana Rahmawany Pulungan, & Hastina Febrianty. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen. 2(3). 10.5281/zenodo.1410873
Hanipah. (2020). Pengaruh Literasi dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif untuk Produk Fashion dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Skripsi
Maulana, I., Merseyside, J., & Salsabila, O. (2020). Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Perilaku Konsumtif di Era Ekonomi Digital. 17(1), 28–34.
Millenia Wardhani, Z. (2022). Pengaruh Harga, Shopping Lifestyle, Dan Promosi Terhadap Impulse Buying Pada Pembelian Online Shop Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 11(e-ISSN: 2461-0593), 1–16.
Noor Agustina, S., & Mahmud, A. (2018). Pengaruh Motivasi, Gaya Hidup, Status Sosial Ekonomi, Dan Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Dengan Gender Sebagai Variabel Moderating. Skripsi.
Ratih Dewi Titisari Haryana. (2020). Pengaruh Life Style, Self Control dan Financial Literacy terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Melakukan Online Shopping. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi. 16(1). https://journal.uwks.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/805/pdf
Rismayanti, & Oktapiani. (n.d.). Pengaruh Uang Saku dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa. 2019, 31–37.
Sofia, M. (2017). Pengaruh Instagram Sebagai Media Online Shopping Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. 4(1), 1–15.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sudirman, Acai dkk. (2020). Perilaku Konsumen Dan Perkembangannya di Era Digital. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Velia Eka Rahmawati, & Jun Surjanti. (2021). Analisis Faktor Perilaku Konsumtif Berbelanja Obline Produk Fashion saat Pandemi pada Mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. 4(2), p. 11-18. http://ojs.unm.ac.id/JEKPEND
Yahya, A. (2021). Determinan Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta. 23(1), p. 37. https://doi.org/10.33370/jpw.v23i1.506.