Main Article Content

Abstract

Purpose –This research aims to analyze the influence of celebrity worship, paylater payment methods on the impulse buying behavior of K-Pop fans.


Methods – This research uses primary data and was obtained through a survey. The sample was selected from K-Pop fans who are on the Twitter application and are paylater users, and have purchased K-Pop merchandise. The analysis method uses multiple linear regression.


Findings – The results of the research show that celebrity worship has an effect on K-Pop fans' impulse buying in consuming K-Pop merchandise, while paylater payment methods have no effect on K-Pop fans' impulse buying in consuming K-Pop merchandise.


Implication – To avoid impulse buying behavior, self-regulation or good self-management of admiration for idols is needed to avoid excessive obsession.


Originality –This research refers to several previous studies. This research focuses on the consumption behavior of K-Pop fans who use payments via paylater.


 


Abstrak


Tujuan – Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh celebrity worship, metode pembayaran paylater terhadap perilaku impulse buying penggemar K-Pop.


Metode – Penelitian ini menggunakan data primer dan diperoleh melalui survei. Sampel dipilih dari penggemar K-Pop yang berada diaplikasi twitter dan merupakan pengguna paylater, serta pernah membeli merchandise K-Pop. Metode analisis menggunakan regresi linier berganda.


Temuan – Hasil penelitian menujukkan bahwa celebrity worship berpengaruh terhadap impulse buying penggemar K-Pop dalam konsumsi merchandise K-Pop, sedang metode pembayaran paylater tidak berpengaruh terhadap terhadap impulse buying penggemar K-Pop dalam konsumsi merchandise K-Pop.


Implikasi – Untuk menghindari perilaku Impulse buying, maka diperlukan regulasi diri atau mengatur diri yang baik akan kekaguman terhadap idola agar terhindar dari obsesi berlebihan.


Orisinalitas – Penelitian ini mengacu pada beberapa penelitian sebelumnya. Penelitian ini memfokuskan pada perilaku konsumsi penggemar K-Pop yang menggunakan pembayaran melalui paylater.

Keywords

Celebrity worship paylater impulsive buying

Article Details

How to Cite
Islamiyati, N. F., & Susantun, I. . (2024). Pengaruh celebrity worship dan penggunaan paylater terhadap perilaku impulsive buying pada penggemar K-Pop . Jurnal Kebijakan Ekonomi Dan Keuangan, 3(1), 74–80. https://doi.org/10.20885/JKEK.vol3.iss1.art10

References

  1. Ahdiat, Adi. (2022). Merchandise Artis Korea Selatan yang Dimiliki Responden. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/07/apa-merchandise-idol-korea-yang-paling-laku-di-indonesia
  2. Canestren, Inggardini Asarila, and Marheni Eka Saputri. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pembayaran Shopee Paylater. eProceedings of Management, vol 8, No.3.
  3. Fauziyah, N., Resekiani Mas Bakar, & Andi Nasrawaty Hamid. (2022). Perbedaan Impulsive Buying Pada Konsumen Dewasa Awal Ditinjau Dari Jenis Metode Pembayaran Non Tunai. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(5), 479–487. https://doi.org/10.56799/peshum.v1i5.571
  4. Khairunnisa, Asra Faiza, Aditya Nanda Priyatama, and Selly Astriana. (2021). Impulsive Buying Pada Fans K-Pop Di Twitter. Jurnal Psikohumanika, Vol. 13, No. 2 (2021).
  5. Kurniasari, Intan, and Ladi Wajuba Perdini Fisabilillah. (2021). Fenomena Perilaku Berbelanja Mengunakan Spaylater Serta Dampaknya Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa Ilmu Ekonomi. Independent Journal of Economics, Vol. 1, No. 3: 207-218.
  6. Sari, Rahmatika. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce Di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, Vol. 7, No. 1, April 2021.
  7. Sugiyono. (2017). Metode Peneliatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
  8. Veronica, M., Paramita, S., & Utami, L. S. (2019). Eksploitasi Loyalitas Penggemar Dalam Pembelian Album Kpop. Jurnal Koneksi, Vol. 2, No. 2: 433-440.