Main Article Content

Abstract

Pemeriksaan laboratorium saat ini sangat penting dalam membantu penegakan diagnosis pada pusat kesehatan primer. Akan tetapi banyaknya sampel yang harus diperiksa sering kali tidak bisa dilakukan pemeriksaan sesegera mungkin. Hal itu disebabkan oleh keterbatasan jumlah tenaga laboran yang ada. Fenomena tersebut banyak terjadi di laboratorium klinik negeri maupun swasta. Hal ini perlu mendapat perhatian mengingat banyaknya faktor yang dapat mepengaruhi hasil pemeriksaan. Beberapa faktor pra analitik yang perlu diperhatikan diantaranya adalah interval waktu pemeriksaan dan suhu tempat penyimpan sampel sebelum dilakukan pemeriksaan. Pemeriksaan glukosa darah merupakan salah satu pemeriksaan yang sering dilakukan di rumah sakit.
Karena pentingnya faktor-faktor yang berpengaruh pada pemeriksaan glukosa darah, maka Onne Degita Santi, Linda Rosita, Yeny Dyah Cahyaningrum melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Suhu dan Interval Waktu Penyimpanan Sampel Serum pada Pengukuran Kadar Glukosa Darah. Tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk mengetahui sejauh mana dampak penundaan waktu pemeriksaan dan pengaruh suhu tempat penyimpanan terhadap kadar glukosa darah serum.

Article Details

How to Cite
Kuntari, T. (2016). EDITORIAL. JKKI : Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Indonesia, 3(8), i. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/JKKI/article/view/6706