Analisis Kuatitatif Kadar Zak Aktif Asam Mefenamat Generik dan Asam Mefenamat Bermerek Dagang di Apotek Unisia Polifarma Universitas Islam Indonesia

Fitri yansah, Rahmawati R

Abstract

LATAR BELAKANG

Biaya kesehatan termasuk harga obat semakin mahal. Banyak sekali jenis obat yang beredar di pasaran baik generik maupun bermerek dagang. Apabila tidak ada jaminan bahwa obat tersebut memenuhi standar mutu, keamanan, dan khasiat obat jelas akan
membahayakan masyarakat. Salah satu obat yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat adalah asam mefenamat. Obat ini digunakan untuk meredakan nyeri akibat reumatik, cedera jaringan lunak, kondisi nyeri pada otot rangka, dan dismenorea.

Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui hasil analisis kuantitatif kadar zat aktif tablet asam mefenamat generik dan merek dagang yang tersedia di Apotek Unisia Polifarma Universitas Islam Indonesia dan untuk mengetahui apakah hasil analisis kuantitatif terse but sesuai dengan standar mutu yang ada di h1donesia, yaitu berada dalam rentang an tara 90% sampai dengan 110%.

Metode Penelitian
Sampel penelitian ini adalah tablet asam mefenamat generik dan bermerek dagang 500mg yang diambil masing-masing sebanyak 10 tablet di apotek Unisia Polifarma Universitas Islam Indonesia, dimana pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling. Ada lima sampel yang digunakan yaitu asam mefenamat generik, merek dagang A, B, C dan merek dagang D.

Hasil
Rata-rata persentase kadar zat aktif asam mefenamat adalah generik 103,608%; merek dagang A 106,334%; merek dagang B 107,926%, merek dagang C 103,334 %; dan merek · dagang D 100,308%.

Kesimpulan
Semua sampe1 asam mefenamat pada pene1itian ini mempunyai persentase kadar zat aktif sesuai dengan standar mutu yang ada di Indonesia. Asam mefenamat generik mempunyai harga yang lebih murah dengan asam mefenamat bermerek dagang, dan kadar zat aktifnya masih dalam standart sesuai Farmakope Indonesia.

Keywords

kadar zat aktif, Asam Mefenamat generik, Asam Mefenamat bermerek dagang