Main Article Content

Abstract

This study discusses consumer complaints regarding indihome services via DM indihome twitter which were not immediately responded to by customer service. The formulation of the problem is first, how is the legal protection for consumers for the right to be heard regarding complaints about indihome services on twitter?, second, how can indihome consumers make complaints if the right to be heard regarding is violated by TELKOM?. This study uses normative legal research with statutory and conceptual approaches. Research objects include the Civil Code, Law Number 8/1999 concerning Consumer Protection, Law Number 36/1999 concerning Telecommunications, Indihome Subscription Agreement. Collection techniques include literature study and document study. Data analysis was descriptive qualitative. The results of the research, first, preventive legal protection are regulated in Article 4 letters c and d UUPK concerning consumer rights, Article 7 letters b, c, d UUPK regarding obligations of business actors and indihome subscription agreements regarding consumer rights and obligations of business actors. Repressive legal protection is regulated in Article 19 paragraph (1) and paragraph (2) of the UUPK and Article 15 paragraph (1) and paragraph (2) of the Telecommunications Law in the form of providing compensation if business actors harm consumers. Second, efforts to make complaints that can be made by indihome consumers through consumer protection agencies (BPKN, LPKSM, BPSK), if they are not successful, consumers can file a lawsuit with the court as specified in Article 45 paragraph (4) UUPK.
Keywords: Consumers, Complaints, Indihome, Legal Protection


Abstrak
Penelitian ini membahas pengaduan konsumen terkait layanan indihome melalui DM twitter indihome yang tidak segera direspon oleh customer service. Rumusan masalah yaitu pertama, bagaimana perlindungan hukum bagi konsumen atas hak untuk didengar terhadap pengaduan layanan indihome di twitter?, kedua, bagaimana upaya pengaduan yang dapat dilakukan konsumen indihome apabila hak untuk didengar dilanggar oleh pihak TELKOM?. Penelitian ini menggunakan penelitian hukum normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Objek penelitian meliputi KUHPerdata, UU Nomor 8/1999 Tentang Perlindungan Konsumen, UU Nomor 36/1999 tentang Telekomunikasi, Perjanjian Berlangganan Indihome. Teknik pengumpulan meliputi studi pustaka dan studi dokumen. Analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian, pertama perlindungan hukum secara preventif diatur dalam Pasal 4 huruf c dan d UUPK tentang hak konsumen, Pasal 7 huruf b, c, d UUPK tentang kewajiban pelaku usaha serta perjanjian berlangganan indihome tentang hak konsumen dan kewajiban pelaku usaha. Perlindungan hukum secara represif diatur dalam Pasal 19 ayat (1) dan ayat (2) UUPK serta Pasal 15 ayat (1) dan ayat (2) UU Telekomunikasi berupa pemberian ganti kerugian apabila pelaku usaha merugikan konsumen. Kedua, upaya pengaduan yang dapat dilakukan konsumen indihome melalui lembaga perlindungan konsumen (BPKN, LPKSM, BPSK), jika tidak berhasil, konsumen dapat mengajukan gugatan ke pengadilan sebagaimana diatur dalam Pasal 45 ayat (4) UUPK.
Kata kunci: Indihome, Konsumen, Pengaduan, Perlindungan Hukum.

Keywords

Consumers Complaints Indihome Legal Protection

Article Details

How to Cite
Vania Yudiantoro, T. A., & Indah Parmitasari. (2024). Legal Protection for Consumers on the Right to be Heard Regarding Indihome Service Complaints on Twitter. Journal of Private and Commercial Law, 1(1), 111–132. https://doi.org/10.20885/JPCOL.vol1.iss1.art6

References

  1. Ahmadi Miru, Prinsip-Prinsip Perlindungan Bagi Konsumen di Indonesia, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2013.

  2. Ahmadi Miru dan Sutarman Yodo, Hukum Perlindungan Konsumen, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2004.

  3. Ari Purwadi, Tanggung Jawab Periklanan Pada Perlindungan Konsumen, Trisakti, Jakarta, 2000.

  4. Burhanuddin, Pemikiran Hukum Perlindungan Konsumen dan Sertifikasi Halal, UIN-Maliki Press, Malang, 2011.

  5. Eli Wuria Dewi, Hukum Perlindungan Konsumen, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2015.

  6. Hulman Panjaitan, Hukum Perlindungan Konsumen: Reposisi Dan Penguatan Kelembagaan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Dalam Memberikan Perlindungan Dan Menjamin Keseimbangan Dengan Pelaku Usaha, Jala Permata Aksara, Jakarta, 2021.

  7. Holijah, Hukum Penyelesaian Sengketa Konsumen Berskala Kecil Di Indonesia, Kencana, Jakarta, 2020.

  8. Imam Mahyiddin an-Nawawi, ad-Dhurrah as-Salafiyyah Syarh al-Arba’in an-Nawawiyah, Pustaka Arafah, Solo, 2006.

  9. Janus Sidabalok, Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung, 2014.

  10. Kasmir, Etika Customer Service, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2006.

  11. Maryanto, Prosedur Penyelesaian Sengketa Konsumen Di BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen), Unissula Press, Semarang, 2019.

  12. Muhammad Djakfar, Hukum Bisnis: Membangun Wacana Integrasi Perundangan Nasional dengan Syariah, PT LKis Printing Cemerlang, Yogyakarta, 2009.

  13. Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah Volume 3, Lentera Hati, Jakarta, 2012.

  14. Satjipto Raharjo, Ilmu Hukum, PT Citra Aditya Bakti, Bandung, 2000.

  15. Wahabah Az-Zuhaili, Tafsir Al-Munir Fil Aqidah Wasy-Syariah Wal Manhaj, Darul Fikr, Beirut, 2009.

  16. Yusuf Shofie, Perlindungan Konsumen dan Instrumen-Instrumen Hukumnya, Citra Aditya Bakti, Bandung, 2011.

  17. Zulham, Hukum Perlindungan Konsumen, Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2013.

  18. Agus Satory, “Perjanjian Baku dan Perlindungan Konsumen dalam Transaksi Bisnis Sektor Jasa Keuangan: Penerapan dan Implementasinya di Indonesia”, Jurnal Ilmu Hukum, Edisi No. 2 Vol. 2, 2015.

  19. Daniel Oktavianus Kristian S, “Tinjauan Manajemen Penanganan Keluhan Pelanggan Indihome Pada Media Sosial Twitter”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Edisi No. 4 Vol. 11, 2022.

  20. Magdalena Peggy Pantouw, “Peran dan Fungsi Lembaga Pengawasan Dalam Tanggung Jawab Pelaku Usaha Menurut UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen”, Lex Crimen, Edisi No. 6 Vol. V, 2016.

  21. Melisa Aquaria Putri S, “Klausula Baku Dalam Suatu Perjanjian Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen”, Jurnal Gagasan Hukum, Edisi No. 2 Vol. 2, 2020.

  22. Nurul Fibrianti, “Perlindungan Konsumen dalam Penyelesaian Sengketa Konsumen Melalui Jalur Litigasi”, Jurnal Hukum Acara Perdata, Edisi No. 1 Vol 1, 2015.

  23. Retno Sari Dewi, “Perlindungan Konsumen Di Era Pandemi Virus Corona”, Jurnal Fakultas Hukum Universitas Tulungagung, 2020.

  24. Andres Fatubun, Tata Cara Aduan Konsumen pada YLKI, terdapat dalam https://www.ayobandung.com/bandung/pr-79616268/tata-cara-aduan-konsumen-pada-ylki , Akses tanggal 14 Mei 2023.

  25. Fahmi, Pengertian Twitter, Sejarah, Fitur, Manfaatnya, terdapat dalam https://idmetafora.com/news/read/1211/Pengertian-Twitter-Sejarah-Fitur-Manfaatnya.html , Akses tanggal 6 Maret 2023.

  26. Maya Septia, Strategi Mewujudkan Transparansi dan Partisipasi dalam Pelayanan Publik, terdapat dalam https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--strategi-mewujudkan-transparansi-dan-partisipasi-dalam-pelayanan-publik#:~:text=Transparansi%20dalam%20pelayanan%20publik%20menunjukkan,tersebut%20secara%20mudah%20dan%20jelas , Akses tanggal 24 Maret 2023.

  27. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022 , Diakses tanggal 21 November 2022.

  28. https://twitter.com/masfir08/status/1583236017049325568, Akses tanggal 22 November 2022.

  29. https://twitter.com/DotkomHendra/status/1576594875742490624, Akses tanggal 22 November 2022.

  30. https://twitter.com/jagajag70290391/status/1583353893429182465, Akses tanggal 22 November 2022.

  31. https://twitter.com/ibcg09/status/1266759488771506177, Akses tanggal 22 November 2022.

  32. https://twitter.com/djong_susantho/status/1585118649144479747, Akses tanggal 22 November 2022.

  33. https://twitter.com/chochomaniaa/status/1585457198603591680, Akses tanggal 22 November 2022.

  34. https://twitter.com/xom01/status/1588385705272561664, Akses tanggal 22 November 2022.

  35. https://tafsirq.com/2-al-baqarah/ayat-279 , Akses tanggal 20 Februari 2023.

  36. https://indihome.co.id/syarat-ketentuan , Akses tanggal 19 Maret 2023.

  37. https://text-id.123dok.com/document/6qm086g8y-service-level-guarantee-slg.html, Akses tanggal 24 Maret 2023.

  38. https://bpkn-apps.com/, Akses tanggal 17 Mei 2023.

  39. https://www.hukumonline.com/klinik/a/tugas-dan-fungsi-badan-perlindungan-konsumen-nasional-bpkn-lt5ee046de7671e/, Akses tanggal 19 Mei 2023.

  40. https://www.hukumonline.com/klinik/a/3-lembaga-perlindungan-konsumen-di-indonesia-lt62e272415e4f4/, Akses tanggal 12 Mei 2023.

  41. https://ylki.or.id/kontak-kami/#:~:text=Pelayanan%20pengaduan%20YLKI%20telah%20beralih,ylki.or.id. Akses tanggal 14 Mei 2023.

  42. https://pelayanan.ylki.or.id/kb/faq.php?id=2 , Akses tanggal 14 Mei 2023.

  43. https://tafsirq.com/5-Al-Ma'idah/ayat-67 , Akses tanggal 20 Februari 2023.

  44. https://tafsirq.com/7-al-araf/ayat-33#tafsir-quraish-shihab , Akses tanggal 26 Mei 2023.