Main Article Content

Abstract

Indonesia adalah negara yang terdiri dari beragam suku, ras, budaya dan agama, dalam kehidupan bermasyarakat tentunya banyak kita temui berbagai macam perbedaan. Oleh karena itu di negara Indonesia harus senantiasa menumbuhkan dan menjaga sikap toleran antar sesama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara demi menjaga kerukunan dalam bermasyarakat. Dewasa ini kita sering dihadapkan dengan konflik yang terjadi khususnya antar umat beragama, tidak lain hal ini disebabkan oleh intoleran yang dilakukan dari suatu golongan tertentu sebagai contoh kasus kerusuhan di Poso kasus pembakaran masjid di Tolikara Papua dan dalam dekat ini kasus penistaan agama yang dilakukan oleh gubernur Jakarta. Hal ini tidak lain adalah rendahnya sikap toleran antar sesama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di kalangan masyarakat Indonesia kaitannya antar umat beragama dan bagaimana Indonesia bisa maju dan berkembang jika pada masyarakatnya masih sering terjadi konflik didalamnya. Pancasila sebagai landasan dan dasar ideologi bangsa sebenarnya telah mengajarkan sikap berbangsa dan bernegara yang baik. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa dalam Pancasila mengajarkan sikap saling menghormati, menghargai, toleransi, serta terjalinnya kerjasama antara pemeluk-pemeluk agama dan penganut kepercayaan yang berbeda-beda, sehingga dapat tercipta dan selalu terbinanya kerukunan hidup di antara sesama umat beragama. Perlu pemahaman yang utuh demi terhidarnya konflik antar umat beragama dan tumbuhnya sikap toleran antar sesama.

Keywords: Pancasila, Manajemen Konflik, Toleransi, Indonesia

Article Details

How to Cite
Hanif, H. A. (2019). Pancasila sebagai Manajemen Konflik antar Umat Beragama di Indonesia. Al-Mawarid Jurnal Syariah Dan Hukum (JSYH), 1(2), 117–133. https://doi.org/10.20885/mawarid.vol1.iss2.art1

References

  1. Kaelan, M.S., DR., 2010., Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta
  2. Firdaus M. Yunus, “Konflik Agama di Indonesia “,Substantia, Volume 16 Nomor 2, (Oktober 2014)
  3. Ahmad Zainul Hamdi, “Klaim Religious Authority dalam Konflik Sunni-Syi’i Sampang Madura”, ISLAMICA, Vol. 6, No. 2 (Maret 2012)
  4. “konflikposo”.blogspot.com, diakses pada 11 Desember 2016.
  5. Ini Kronologi Pembakaran Masjid di Tolikora”, www.republika.co.id, diakses pada tanggal 13 Desember 2016
  6. Taufiqurrahman, “Kerukunan dalam Keberagaman”, Makalah, Seminar Kerukunan Umat Beragama di MUI Jawa Tengah, 8-9 November 2013
  7. Zuhairi Misrawi,”Aksi Terorisme Bertentangan dengan Agama”, dalam www.islamlib.com, diakses pada tanggal 12 Desember 2016.
  8. Toto Tasmara, 2000 Menuju Muslim Kaffah; Menggali Potensi Diri, Gema Insani, Jakarta
  9. Muslich, Ks. H.M., Dr. M.Ag., 2013. Nilai Universal Agama-Agama di Indonesia, Kaukaba. Yogyakarta