Main Article Content

Abstract

Maqashid Shariah, which means the objectives, values, and benefits to be achieved through the implementation of Shariah, both globally and in detail. Initially, Maqashid Shariah was considered a branch of Usul al-Fiqh (principles of Islamic jurisprudence), but in its development, Islamic scholars stated that Maqashid Shariah is a distinct discipline and not part of Usul al-Fiqh. One of these scholars is Al-Tahir Ibn Ashur. The focus of this research is to understand the biography of Al-Tahir Ibn Ashur and the background that influenced his thinking. Additionally, it aims to explore the thoughts of Al-Tahir Ibn Ashur in the field of Maqashid Shariah. This study is a descriptive qualitative research using literature review as the methodology. The researcher examined documents related to Al-Tahir Ibn Ashur, and after data collection, the data were reduced or selected for analysis. The gathered data were then described, and using inductive thinking, conclusions were drawn regarding the thoughts of Al-Tahir Ibn Ashur in Maqashid Shariah. The thoughts of Al-Tahir Ibn Ashur in Maqashid Shariah encompass making Maqashid Shariah a separate discipline, dividing Maqashid Shariah, various maslahah (benefits), and methods of discovering Maqashid Shariah. Through this study, the background and thoughts of Al-Tahir Ibn Ashur in Maqashid Shariah can be understood.


Maqashid Syariah yang berarti tujuan, nilai, dan faidah yang ingin dicapai dari diturunkannya syariah baik secara global maupun secara terperinci. awalnya maqashid syariah merupakan cabang dari bagian ilmu ushul fiqh, namun dalam perkembangannya muncul tokoh-tokoh islam yang menyatakan bahwa maqashid syariah merupakan disiplin ilmu tersendiri, dan bukan menjadi bagian dari ushul fiqh, salah satu tokoh tersebut adalah pendapat Al-Tahir Ibn Asyur. fokus penelitian ini untuk mengetahui biografi Al-Tahir Ibn Asyur serta latar belakang yang mepengerahui pemikirannya, selain itu untuk mengetahui pemikiran Al-Tahir Ibn Asyur dalam bidang maqashid syariah, Jenis penelitian ini merupakan pelitian kualitatif deskriptif dengam studi pustaka, sehingga peneliti mengkaji dokumen-dokumen yang terkait dengan Al-Tahir Ibn Asyur, setelah terkumpul, maka akan dilakukan reduksi atau pemilihan data, setelah itu data yang telah ada dideskripsikan, selanjutnya dengan analisis berfikir induktif, data tersebut akan ditarik kesimpulan, mengenai pemikiran Al-Tahir Ibn Asyur dalam maqashid syariah. Pemikiran Al-Tahir Ibn Asyur dalam maqashid syariah meliputi menjadikan maqashid syariah sebagai disiplin ilmu tersendiri, membagi maqashid syariah, macam-macam maslhahat, serta metode penemuan maqashid syariah. Dengan hal tersebut maka dapat diketahui bagaimana latar belakang serta pemikiran Al-Tahir Ibn Asyur dalam maqahid syariah.

Keywords

Maqashid Syariah Pemikiran Ibnu Asyur Pemikiran

Article Details

How to Cite
Fauzan, H., & Hadi Imawan, D. (2023). Pemikiran Maqashid Syariah Al-Tahir Ibn Asyur . Al-Mawarid Jurnal Syariah Dan Hukum (JSYH), 5(1), 101–114. https://doi.org/10.20885/mawarid.vol5.iss1.art7

References

  1. Abidin, M. (2019). Paradigma Maqāsid Syariah Menjadi Disiplin Ilmu. TAWAZUN : Journal of Sharia Economic Law, 2(1), 73. https://doi.org/10.21043/tawazun.v2i1.5415
  2. Ainur Rifqi, M. (2020). Tafsir Maqasidi: Membangun Paradigma Tafsir Berbasisi Mashlahah. Ta’wiluna, 1, 20.
  3. Andriyaldi. (2014). Teori Maqashid Syariah Dalam Perspektif Imam Muhammad Thahir Ibnu A’syur. Islam dan realitas Sosial, 7(1).
  4. Anwar, K. (2019). Maqashid Asy-Syari’ah Menurut Ibnu Rusyd. At-Tamasuthi: Jurnal Pemikiran Hukum Islam, 1(1), 21.
  5. Arif, K. M. (2020). Pengaruh Maqashid Syariah terhadap Fiqh Muamalah dan Fatwa Dalam Mewujudkan Moderasi Islam. El-Arbah: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Perbankan Syariah, 4(01), 1–16. https://doi.org/10.34005/elarbah.v4i01.1054
  6. Arni, J. (2011). Tafsir al-Tahrir wa al Tanwir Karya Muhammad Al-Thahrir ibn Asyur. 1, 18.
  7. Auladi, A. (2021). Reinterpretasi Hifdzul Aqli dan Relevansi Maqasid Syariah Terhadap Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(1), 23–34. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i1.633
  8. Darma, S. (2021). Urgensi Maqashid Syariah dalam Pengembangan Ekonomi. 2, 10.
  9. Effendi. (2020). Kontribusi Pemikiran Maqashid Syariah Thahir Innu Asyur dalam Hukum Islam. Bilancia, 14(2).
  10. Fad, M. F. (2019). Kontekstualisasi Maqashid Shari’ah Dalam Sustainable Development Goals. iqtisad Reconstruction of Justice and Welfare for Indonesia, 6(2). https://doi.org/10.31942/iq.v6i2.3142
  11. Falah, S. (2019). Rekonstruksi Usul Fiqih Perspektif Maqoshid Syari’ah Sebagai Ikhtiyar Pelestarian Lingkungan. Syariati, 05(01), 16.
  12. Gumanti, R. (2018). Maqasid Al-Syariah menurut Jesser Auda (Pendekatan Sistem Hukum Dalam Islam). Jurnal Al-Himayah, 02(01).
  13. Hafidz, A. (t.t.). Konsep Maqaid Shari’ah Perspektif Allal Al-Fasy. 19.
  14. Imam Mawardi, A. (2011). Maqashid Syari’ah dalam Pembaharuan Fiqh Pernikahan di Indonesia. Pustaka Radja.
  15. Kasdi, A. (2014). Maqashid Syari’ah Perspektif Pemikiran Imam Syatibi dalam kitab Al-Muwafakat. Yudisia, 5(1).
  16. Khatib, S. (2018). Konsep Maqashid Al-Syari`Ah: Perbandingan Antara Pemikiran Al-Ghazali Dan Al-Syathibi. Jurnal Ilmiah Mizani: Wacana Hukum, Ekonomi Dan Keagamaan, 5(1). https://doi.org/10.29300/mzn.v5i1.1436
  17. Mufid, A. (t.t.). Maqasid al-Qur’an Perspektif Muhammad al-Ghazali. Jurnal Ilmu Ushuluddin, 29.
  18. Muhammad Sa’dul Kholqi, A. (2017). Urgensi Pengetahuan Maqashidus Syariah Dalam Memahami Hukum-Hukum Masalah Kontemporer. Miyah: Jurnal Studi Islam, 13(01).
  19. Muhtamiroh, S. (2013). Muhammad Thahir Ibn A’Syur dan Pemikirannya tentang Maqashid Syariah. Jurnal At-Taqaddum, 5(2).
  20. Mutakin, A. (2017). Hubungan Maqasid Al-Syari’ah dengan Metode Istibath Hukum. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 17(1), 113. https://doi.org/10.24042/ajsk.v17i1.1789
  21. Mutawali. (2017). Maqashid Al-Syari’ah: Logika Hukum Tranformatif. Schemata, 6(2).
  22. Nasuka, M. (2016). Urgensi Maqasid Syariah Dalam Membangun Keluarga Sakinah di Era Globalisasi. Isti’dal: Jurnal Studi Hukum Islam, 03(2), 9.
  23. Nawawi. (2020). Konstruksi Maqashid Syari’ah Progresif: Dari Maqashid Ekslusif Menuju Insklusif. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 14(1), 109–136. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v14i1.604
  24. Ni’ami, M. F., & Bustamin, B. (2021). Maqāṣid Al-Syarī’ah Dalam Tinjauan Pemikiran Ibnu ‘Āsyūr Dan Jasser Auda. JURIS (Jurnal Ilmiah Syariah), 20(1), 91. https://doi.org/10.31958/juris.v20i1.3257
  25. Nur, A. (2020). Tafsir Bi-Al Ma’tsur & Bi-Al Ra’yi Telaah Kitab Tafsir Thahir Ibnu A’syur dan M. Quraish Shihab. Kalimedia.
  26. Sholikhah. (2019). Pengembangan Maqasid Al-Sayri’ah Perspektif Thahir Ibnu ‘Asyur”, International Journal Ihya’. ulum Al-Din, 21(1).
  27. Sulaeman. (2018). Signifikansi Maqashid Al-Syari’ah Dalam Hukum Ekonomi Islam. Jurnal Syari’ah dan Hukum Diktum, 16.
  28. Sunarto. (2019). Diskursus Poligami Perspektif Ibnu Asyur: Studi Maqashi al-syari’ah dalam Kitab Maqashid al-Syari’ah al-Islamiyah. Misykat, 04(02).
  29. Sutisna, Arlinta, P. D., Katmas, E., Nurhadi, Arsyad, K., & Triyawan, A. (2020). Panorama Maqashid Syariah. Media Sains Indonesia.
  30. Tohari, C. (2017). Pembaharuan Konsep Maqashid Al-Sharia’ah dalam Pemikiran Muhamad Tahir Ibn ‘Ashur. Al-Maslahah Jurnal Ilmu Syariah, 13(1), 1. https://doi.org/10.24260/almaslahah.v13i1.915
  31. Toriquddin, Moh. (2013). Teori Maqashid Syariah Perspektif Ibnu Ashur. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 14(2), 184. https://doi.org/10.18860/ua.v14i2.2657
  32. Ubaidillah, M. B., & Laili, A. N. (2021). Teori Maqosid Syari’iyah Perspektif Ulama Modern dan Kontemporer. Jas Merah, 1(1), 15.
  33. Wahid, Z. U., Rodafi, D., & Hasan, N. (2021). Konsep Maqasid Syariah Kontemporer. Hikmatina: Jurnal Ilmiah Keluarga Hukum Islam, 3(2), 10.
  34. Yaqin, A. (2017). Revitalisasi Maqashid al-Syariah dalam Istibath Hukum Islam: Kajian atas Pemikiran Muhammad Al-Thahir Ibnu A’syur. Istinbath : Jurnal Hukum, 14(1), 48. https://doi.org/10.32332/istinbath.v14i1.738