Main Article Content
Abstract
WOM (word of mouth) memiliki peranan yang begitu penting bagi perilaku konsumen. Minat beli saling terkait dengan perilaku, dikarenakan minat beli konsumen tumbuh dari dugaan positif terkait suatu objek dalam hal untuk memenuhi suatu kebutuhan terkait dengan suatu objek yang mempengaruhi perilaku konsumen. E-WOM dan kesadaran merek dapat membantu meningkatkan daya tarik suatu merek atau produk serta meningkatkan minat beli konsumen. Karena itu, tujuan studi ini adalah untuk menguji secara empiris bagaimana e-wom dan kesadaran merek mempengaruhi citra merek serta citra merek mempengaruhi minat beli. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak dari minat beli konsumen pada e-wom, kesadaran merek dan citra merek sebagai variabel mediasi. Studi ini adalah upaya pertama untuk menyelidiki bagaimana e-wom dan kesadaran merek mempengaruhi citra merek produk dan minat beli serta citra merek mempengaruhi minat pembelian shopping goods di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan yang bersifat kuantitatif dengan meninjau populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah melakukan pembelian shopping goods seperti baju, tas, sepatu, handphone dan sejenisnnya kemudian sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 265 responden. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa E-WOM memiliki pengaruh positif terhadap citra merek dan minat beli serta kesadaran merek memiliki pengaruh positif terhadap citra merek dan minat beli dan yang terakhir citra merek memiliki pengaruh positif terhadap minat beli.