Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan model konseptual untuk mengeksplorasi faktor-faktor penentu niat pengguna dalam berdonasi melalui platform urun dana dengan menggunakan UTAUT sebagai model dasar serta mengusulkan empati dan kepercayaan sebagai model konseptual. Selain itu diusulkan juga kualitas informasi, persepsi keamanan serta persepsi privasi yang diharapkan berpengaruh terhadap kepercayaan. Model konseptual penelitian ini diharapkan dapat memberi gambaran bagi para penyedia layanan serta pengguna urun dana mengenai faktor-faktor penentu niat pengguna berdonasi melalui platform urun dana sehingga kedepannya berdonasi melalui platform dapat berjalan dengan aman dan sesuai dengan apa yang diharapkan pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Penelitian ini secara konseptual mengembangkan model terkait factor-faktor penentu niat berdonasi melalui platform urun dana. Penelitian selanjutnya diharapkan mampu melangkah lebih jauh dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk menguji model serta memverifikasi validitas asumsi yang telah dikembangkan dalam model ini.

Article Details