Main Article Content

Abstract

Sistem pendidikan pada saat ini masih mengutamakan kecerdasan intelektual atau IQ, padahal kecerdasan intelektual (IQ) saja tidak cukup untuk yang menjadi indeks pengukur dalam menilai kecerdasan seorang. Dibutuhkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual sebagai penyeimbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap tingkat pemahaman akuntansi secara parsial dan simultan. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik analisis regresi linier berganda. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program studi akuntansi semester VII (tujuh) di Kota Batam sebanyak 195 mahasiswa dengan sampel sebanyak 195 orang. Teknik sampling menggunakan sensus, dan data diolah menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil simpulan sebagai berikut: Kecerdasan Intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kecerdasan Emosional berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi.  Kecerdasan spiritual berengaruh secara positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. 

Article Details