Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan investasi, kebijakan modal minimum, literasi keuangan, dan social media influencer terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal. Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif pada Fakultas Ekonomi Universitas di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui google form dan memperoleh 114 responden. Setiap pertanyaan diukur menggunakan skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hipotesis (1) dapat diterima yang menunjukkan bahwa pengetahuan investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa di pasar modal. Hipotesis (2) ditolak yang menunjukkan bahwa kebijakan modal minimum berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa di pasar modal. Hipotesis (3) ditolak yang menunjukkan bahwa literasi keuangan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa di pasar modal. Hipotesis (4) diterima yang menunjukkan bahwa social media influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa di pasar modal.

Article Details