Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana profitabilitas, likuiditas, dan solvabilitas memengaruhi nilai perusahaan pada perusahaan pariwisata sebelum dan selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan 28 sampel perusahaan pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2021, di mana teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi uji F, dan uji t dengan menggunakan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum masa pandemi, rasio profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan rasio likuiditas dan solvabilitas berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa selama masa pandemi, rasio profitabilitas, likuiditas, dan solvabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.