Main Article Content

Abstract

Media pembelajaran yang menarik sesuai generasi yang lahir pada era teknologi menjadi hal yang sangat penting saat ini, dan salah satu media pembelajaran yang dapat dipergunakan adalah game simulator MonsoonSIM Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, norma subyektif, dan sikap terhadap minat menggunakan game simulator MonsoonSIM sebagai alat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer. Populasi penelitian ini adalah  mahasiswa aktif pada program studi S1 Akuntansi Universitas Islam Indonesia. Pengambilan sampel dilakukan secara convenience sampling untuk mahasiswa yang sudah pernah menggunakan game simulator MonsoonSIM. Dengan menggunakan alat analisis regresi berganda, hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan, norma subyektif, dan sikap berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa dalam menggunakan game simulator MonsoonSIM sebagai alat pembelajaran. Namun demikian, penelitian ini tidak berhasil membuktikan pengaruh positif persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat menggunakan game  simulator MonsoonSIM sebagai alat pembelajaran. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi kepada program studi untuk menggunakan alat pembelajaran yang atraktif sesuai perkembangan teknologi terkini dan juga  untuk memotivasi mahasiswa menggunakan alat pembelajaran berbasis game.

Article Details