Main Article Content

Abstract

Penelitian lni bertujuan untuk (1) mengawali proses adaptasi
instrumen pengukuran psikologis The Survey of Interpersonal Values
(SIV), satu instrumen yang berbentukforced·choice. ke dalam konteks
masyarakat Indonesia. Hasil adaptasi tes SIV ke dafam konteks
masyarakat Indonesia disebut Tes Survei Nifai-nifai Interpersonal (SNI),
dan (2) mengetahui kemampuan dan efektivitas metode forced choice
untuk mengatasi jawaban-jawaban yang tidak jujur dari responden suatu
instrumen pengukuran psikofogis.
Uji beda terhadap hasif tes 42 subjek mahasiswa LPK Tabitha
(eksperimen 1) menunjukkan adanya perbedaan antara kondisi kon·
seling dan kondisi seleksi pada beberapa faktor dari SNI, yaitu Kebaikan
Hati dan Kepemimpinan. Perbedaan ini menjadi sangat jelas terlihat
dalam uji beda terhadap hasil tes 46 subjek mahasiswa baru Fakultas
Teologia UKOW (eksperimen 2) yang menunjukkan bahwa lima dari
keenam faktor dalam SNI dapat dijawab dengan tidak jujur secara
signifikan. Pembahasan dan implikasi dari hasif penemuan ini diuraikan
secara fuss dalam laporan penelitian. Hasil pengujian validitas konkuren
dan reliabilitas tes ulang pada skala-skala dalam SNI menunjukkan
potens, penggunaan SNI untuk keperluan pengukuran kepribadian di
Indonesia.
Kata kunci : distorsi motivasi. tes forced choice, social desirability

Article Details