Main Article Content

Abstract

Penelitian eksperimental ini bermaksud menguji hipotesis yang berkenaan dengan pengaruh tempo musik yang diperdengarkan di toko terhadap jumlah pengunjung, lama waktu berbelanja dan volume pembelian yang dilakukan konsumen. Jenis musik yang dipergunakan dalam eksperimen ditetapkan musik yang bertempo cepat dan musik dengan tempo lambat.

            Penentuan tempo musik dipercayakan kepada seorang ahli/pakar musik dari Institut Seni Indonesia (ISI) untuk menjamin kualitas yang tepat. Jenis musik yang digunakan permainan piano instrumentalia. Pelaksanaan penelitian dilakukan di sebuah toko pakaian jadi yang sudah mempunyai segmen pasar tertentu.

            Eksperimen dilaksanakan selama dua belas hari kerja, dengan waktu berselang-seling, antara siang malam, dengan musik tempo cepat dan musik tempo lambat.

         Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah pengunjung yang memasuki toko tidak terpengaruh oleh jenis musik (t=0,734; p>0,05), sedang lama belanja dan besarnya volume pembelian dipengaruhi secara signifikan oleh jenis musik yang diperdengarkan selama kunjungan konsumen, masing-masing secara berturutan dengan t=2,577; p<0,05 dan t=2,242; p<0,05.

 

Kata Kunci    :  Tempo Musik, Metronom, Segmen pasar

 

Article Details