Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis tentang posisi Bank Jabar Ca¬bang Jakarta dalam persaingan saat ini, dan untuk mengkaji strategi yang telah ditetapkan, serta memberikan alternative strategi pemasaran bagi Bank Jabar sesuai dengan hasil anali¬sis yang akan diperoleh, terutama berkaitan dengan strategi pemasarannya. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan berdasarkan analisis SWOT diketahui nilai posisi Bisnis Bank Jabar Cabang Jakarta pada diagram SWOT berada pada kuadran I A. Kuadran ini meru¬pakan situasi yang sangat menguntungkan. Di samping itu dari 33 unsur penilaian faktor in¬ternal yang diamati, ternyata 24 unsur merupakan unsur kekuatan dan 9 unsur kelemahan. Sedangkan terhadap 25 unsur penilaian faktor eksternal, dihasilkan 17 unsur peluang dan 8 unsur ancaman bagi Bank Jabar Cabang Jakarta.

Kata Kunci: Posisitioning, Kekuatan, Kelemahan, Ancaman, Peluang, Strategi, SWOT

Article Details