VARIASI KUAT ARUS, TEGANGAN DAN ON TIME PULSE UNTUK MENGOPTIMALKAN KEKASARAN PERMUKAAN

Musabbikhah -, HS.Widodo -, Andreas Gunawan (Wong Tjok Djoe)

Abstract

Kekasaran permukaan merupakan ketidak teraturan konfigurasi permukaan yang dihasilkan pada proses EDM, berbentuk kawah-kawah kecil pada suatu permukaan. Tingginya kekasaran permukaan dies berdampak pada rendahnya kualitas produk yang dihasilkan, sehingga tidak dapat bersaing di pasar.

Permasalahan yang dihadapi dalam pembuatan dies adalah tidak optimalnya proses setting mesin EDM. Oleh karena itu perlu untuk memperbaiki setting parameter proses EDM. Independent variable yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuat arus,tegangan, on time pulse,dan interaksi antara kuat arus dengan tegangan masing-masing 2 level faktor. Adapun dependent variable adalah kekasaran permukaan. Karakteristik yang digunakan untuk meminimasi kekasaran permukaan adalah Smaller The Better (STB). Penelitian ini diterapkan pada EDM merk MACHO dan alat uji yang digunakan adalah roughness tester.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kuat arus, tegangan, interaksi kuat arus dengan tegangan dan on time pulse memberikan persen kontribusi pada kekasaran permukaan masing-masing adalah 64.659%, 10.265%, 8.635% dan 14.722%. Nilai optimal kekasaran permukaan dicapai pada kondisi A1B1C1, artinya untuk meminimalkan kekasaran permukaan perlu dilakukan variasi parameter kuat arus 4A, tegangan 75V dan on time pulse 200μs.

Kata Kunci : EDM, Kekasaran Permukaan, Kuat Arus, Tegangan, On Time Pulse

Full Text:

PDF