Main Article Content

Abstract

Penentuan harga dan keputusan produksi/order merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh pelaku industri untuk menghadapi kompetisi dan persaingan pasar global.
Koordinasi pengambilan keputusan antara elemen-elemen yang ada dalam supply chain dalam rangka koordinasi perencanaan produksi dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi biaya-biaya yang dianggap tidak efisien. Dukungan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang dengan cepat memungkinkan perusahaan untuk dapat memenuhi kebutuhan
konsumen akan produk/jasa secara murah, berkualitas dan cepat.
Makalah ini mengusulkan rancangan sistem solusi penentuan harga dan keputusan produksi/order pada supply chain dengan memanfaatkan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic (MS VB). Skema penentuan harga diawali ketika pabrik menetapkan harga jualnya yang kemudian direspon oleh distributor dengan mengembangkan keputusan order dan harga jual ke pelanggan. Berdasarkan keputusan order dari distributor selanjutnya pabrik
akan melakukan perencanaan produksi berdasarkan permintaan yang masuk. Kajian ini bertujuan untuk memaksimalkan keuntungan sebuah supply chain berdasarkan kebijakan harga yang ditetapkan secara bersama antara pabrik dan distributor, yang masing-masing berjumlah satu.
Hasil dari sistem solusi menunjukkan bahwa keuntungan supply chain pada skenario koordinasi pabrik-distributor mencapai 11,7 atau 6,85% lebih tinggi dari skenario tanpa koordinasi dengan single price dan 3,45% lebih tinggi dari skenario tanpa koordinasi dengan multiple price.

Kata Kunci : sistem solusi, koordinasi supply chain, penentuan harga dan keputusan produksi/order.

Article Details