Main Article Content

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, maka tingkat pendidikan pada masyarakat mengalami peningkatan. Oleh sebab itu pendidikan pada tingkat perguruan tinggi dipandang sangatlah penting bagi masyarakat. Perguruan tinggi dengan produknya berupa jasa pendidikan merupakan lembaga yang berfungsi sebagai tempat untuk menyelenggarakan pendidikan atau pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan di sebuah perguruan tinggi di Surabaya di mana untuk meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan, faktor-faktor (indikator) yang menentukan kualitas pendidikan adalah proses pembelajaran, kurikulum program studi, sumber daya manusia, kemahasiswaan, prasarana dan sarana, suasana akademik, keuangan, penelitian dan publikasi, pengabdian pada masyarakat dan tata kelola. Diharapkan setelah mendapat indikator yang mempengaruhi kualitas pendidikan pihak institusi dapat meningkatkan sasarannya sehingga kualitas pendidikan dapat ditingkatkan serta dapat bersaing pada taraf nasional maupun internasional. Dari hasil penelitian ini didapatkan hasil bahwa dari 10 indikator standar kualitas yang ditetapkan ternyata semua indikator tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas pendidikan.

 

Kata kunci : indikator, kualitas, pendidikan

Article Details