Main Article Content

Abstract

Pendidikan tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia karena merupakan kunci/dasar pengimprovisasian kualitas dalam berbagai sektor/bidang. Gurbernur Sumatera Utara menyatakan bahwa pemerataan pendidikan harus terus dioptimalkan. Pengelompokan (clustering) kabupaten berdasarkan ciri/ karakteristik yang sama akan membantu dalam penentuan daerah prioritas yang harus ditangani untuk pemerataan pendidikan oleh pemerintah Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengelompokan kabupaten di Sumatera Utara berdasarkan indikator pendidikan menggunakan dua algoritma pengklasteran yang sering digunakan yaitu K-Means dan Average Linkage. Data pendidikan yang digunakan terdiri dari tiga variabel yaitu jumlah guru bersertifikasi, jumlah sekolah terakreditasi unggul dan jumlah siswa berprestasi tahun 2022. Nilai rasio simpangan baku untuk K-Means dan Average Linkage masing-masing adalah 0,261 dan 0,196. Berdasarkan nilai rasio simpangan baku, Average Linkage lebih baik dalam mengklasterkan data ini dibandingkan K-Means.

Keywords

Clustering Average Linkage K-Means Pendidikan

Article Details