Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen percakapan pengguna Twitter terhadap mata pelajaran matematika menjelang Penilaian Akhir Semester (PAS) tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan adalah social network analysis dikombinasikan dengan analisis sentimen pendekatan Lexicon. Tahapan metode ini meliputi pra-pemrosesan data, pengecekan polaritas setiap token dalam leksikon, dan perhitungan skor sentimen pada teks. Data dikumpulkan dari Twitter menggunakan package rtweet dalam rentang waktu 24–30 November 2022 dan menghasilkan 10.236 cuitan yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa 86,42% cuitan bersentimen netral, 9,36% negatif, dan 4,22% positif. Meskipun mayoritas cuitan netral, perbandingan antara sentimen positif dan negatif menunjukkan dominasi sentimen negatif. Temuan ini mengindikasikan kemungkinan adanya mathematics anxiety di kalangan pengguna, yang dapat menjadi pertimbangan bagi pendidik dan pembuat kebijakan untuk memperbaiki pendekatan pembelajaran matematika

Keywords

analisis sentimen lexicon matematika penilaian twitter

Article Details