Main Article Content

Abstract

Artikel ini menjelaskan strategiperbaikan citrapadapariwisata Bali selama krisis. Dimulai dengan peran bidang pariwisata untuk pertumbuhan ekonomi di Bali dan Indonesia. Pentingnya manajemen isu dan krisis pada industri pariwisata dan identitas, citra, dan reputasi Bali, serta peran Diplomasi Publik untuk mencerminkan citra di luar negeri, akan dibahas di sini. Artikel ini mencatat, Bali mengembalikan citranya dengan memperbaiki sistem keamanan lokal, mengembangkan rencana manajemen isu dan konflik, yang didukung oleh promosi strategis dan pendekatan Kehumasan. Sebab, reputasi Bali seharusnya tidak terlalu bergantung pada pariwisata, namun terintegrasi dengan brand produk, kebijakan pemerintah, investasi, budaya dan masyarakat, serta strategi Diplomasi Publik yang efektif. Di bagian akhir, artikel ini menyimpulkan bahwa sebuah tujuan wisata tidak dinilai dari krisis yang menimpanya tetapi dari bagaimana cara mempersiapkan diri dan menghadapi krisis itu sendiri.

Article Details

Author Biography

Kadek Dwi Cahaya Putra, Bali State Polytechnic

Business Administration Department of Bali State Polytechnic
How to Cite
Putra, K. D. C. (2011). Image Restoration Strategy of Bali Tourism Crisis. Jurnal Komunikasi, 5(1), 71–88. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/5778