Main Article Content

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa media film sebagai media komunikasi yang menyampaikan pesan kepada penontonnya dengan kelebihannya baik dari sisi seni maupun tekhnologinya sehingga sangat efektif dalam penyampaian pesannya. Film merupakan paket media paling lengkap, karena film adalah media audio visual. Pesan film hendaknya bisa menjadi media dakwah yang efektif jika dikelola dan dipergunakan secara profesional. Karena dakwah melalui media film memiliki relevansi sosiologis dengan masyarakat, mengingat peeinta film di Indonesia mayoritas beragama Islam.

Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan yaitu analisis wacana pada teks film Habibie & Ainun dengan cara studi dokumentasi untuk mendapatkan data-data, yang kemudian diklasifikasikan untuk mendukung penelitian ini. Dan data-data yang telah diperoleh, penelitian dilanjutkan dengan melakukan intrepretasi untuk memperoleh tema dan skema yang terdapat dalam teks film Habibie & Ainun Kemudian dan tema dan skema yang telah diperoleh penelitian di fokuskan terhadap teks him yang menyampaikan pesan-pesan dakwah dalam film Habibie & Ainun. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa film Habibie & Ainun mengusung tema utama membangun rumah tangga yang Harmonis (Sakinah, mawadah, Warahmah). Skema yang digunakan struktur film yang standar ber-genre drama romantis. Dan nilai dakwah yang disampaikan sesuai pesan dakwah keislaman.

Kata kunci: film, komunikasi dakwah, komunikasi profetik

Article Details

How to Cite
Moenawar, M. G., & Septayuda, T. (2015). Komunikasi Profetik dan Pesan Dakwah dalam Film “Habibie & Ainun”. Jurnal Komunikasi, 9(2), 211–220. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol9.iss2.art7