Main Article Content

Abstract

Pandemi Virus Covid-19 yang menggemparkan dunia mempengaruhi segala aspek kehidupan baik politik, ekonomi, sosial dan dunia pendidikan, Di Masa Pandemi ini banyak sekolah yang terpaksa ditutup. Di Era- New Normal beberapa pesantren dibuka dan melaksanakan pembelajaran secara luring (luar jaringan). Salah satunya adalah Pesantren Tahfiz Daarul Quran Takhasus II Cikarang. Pesantren Tahfiz Daarul Qur’an Takhasus II Cikarang merupakan pesantren yang fokus pembelajarannya adalah hafalan Al-Qur’an. Pada awal pandemi, pesantren mengambil kebijakan memulangkan santrinya sebagai ikhtiar dalam mencegah penyebaran virus dan melaksanakan pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Dan pada Era- New Normal, pesantren dibuka kembali dan melaksanakan pembelajaran secara luring (luar jaringan) dengan memperhatikan protokol kesehatan. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pembelajaran Tahfizul Quran pada saat pandemi covid-19 yang dilakukan Pesantren Tahfiz Daarul Quran Takhasus II Cikarang baik secara daring dan luring. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan adalah guru tahfiz. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara online dan dokumentasi.  Hasil Penelitian ini adalah Pembelajaran Tahfiz pada saat pandemi baik luring dan daring dilakukan dengan teknik sorogan, dan sima’i. Yang menjadi perbedaan adalah pada saat daring, alokasi waktu pembelajaran dikurangi menjadi 2 pertemuan melaui Video Call WhatsApp. Dan ketika luring pembelajaran tahfiz kembali menjadi 4-5 pertemuan dengan santri menggunakan masker dan protokol kesehatan lainnya.

 

Kata kunci: Tahfizul Quran, Pesantren Pandemi, Covid-19

Article Details

How to Cite
Hidayati, W., & Khumaira, W. (2020). Pembelajaran Tahfizul Quran di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Pesantren Tahfiz Daarul Quran Takhasus II Cikarang Jawa Barat). Khazanah: Jurnal Mahasiswa, 12(1). https://doi.org/10.20885/khazanah.vol12.iss1.art10

References

  1. Yunus. NR. Rezki. A. Kebijakan Pemberlakuan Lock Down sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM Jurnal Sosial dan Budaya. 2020.
  2. TribunJogja.com.Update Covid-19 di Seluruh Dunia 25 September 2020. Data 20 Negara dengan angka kasus tertinggi. Jumat, 25 September 2020. 11:14. <https://jogja.tribunnews.com/amp/2020/09/25/update-covid-19-di-seluruh-dunia-25-september-2020-data-20-negara-dengan-angka-kasus-tertinggi >
  3. Imam Syafe’i. Pondok Pesantren Lembaga pendidikan Pembentukan karakter. Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam;8:85-103
  4. Pangkalan Data Pesantren
  5. <https://ditpdpontren.kemenag.go.id/pdpp/statistik >
  6. Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung. 2014
  7. John W. Creswell. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, alih bahasa Achmad Fawaid, Cet. 3 Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.
  8. Nailul Mona. Konsep Isolasi dalam Jaringan Sosial untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan. 2020; 2(2):117-125
  9. Ummu Kulsum. Pendampingan Komunitas Guru Ngaji Sokolelah Dengan Teknik Manajemen Sedekah Waktu Tahfidz Qur’an Juz 30 di Desa Sokolelah,Kec. Kadur, Kab. Pamekasan. Seminar Nasioal Pengabdian kepada Masyarakat. Universitas Madura. 2019:124-126
  10. Ansyah EH, Hadi C. Psikologi Al-Fatihah: Solusi untuk mencapai Kebahagiaan yang sebenarnya. 2017: 4(2).
  11. Ahmad Fuad. Implementasi Metode Sorogan dalam Pembelajaran Tahfidzul Quran (Studi kasus di Pondok Pesantren Madrosatul Quran Mojo Andong Kabupaten Boyolali. Skripsi. IAIN Salatiga. 2018
  12. Lilik Indri Purwati. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Menghafal Al-Quran Santri Pondok Pesantren Darussalam Metro. Skripsi. IAIN Metro. 2018
  13. Rizqon Halal Syah Aji. Dampak Covid-19 terhadap Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial Budaya Syar’I, 2020;7(5):395-402
  14. Miftahurrahman. Penerapan Metode Sima’I dalam Menghafal Al-Quran Pada Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Ta’mirul Islam Lawean Surakarta Tahun 2016. Skirpsi. IAIN Salatiga. 2016
  15. Nimatul Fadlilah. Pengaruh Kegiatan Muraja’ah sambung ayat di Jamiyyatul Huffazh Mahasiswa Surabaya Terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Tafsir Di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Skripsi. UIN Sunan Ampel.2019.
  16. Seri Asnawati Munthe,dkk. Penyuluhan dan Sosialisasi Masker di Desa Sifahandro Kecamatan Sawo Sebagai Bentuk Kepedulian Terhadap Masyarakat ditengah Mewabahnya Virus Covid-19. Jurnal Abdimas Mutiara. 2020; 1(2):115-123.